Optimalkan Edukasi Disiplin Prokes, Polres Minsel dan Jajaran Dirikan Posko Pasar - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Optimalkan Edukasi Disiplin Prokes, Polres Minsel dan Jajaran Dirikan Posko Pasar

Personel gabungan sedang bertugas di Posko Pasar. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Polres Minahasa Selatan (Minsel) bersama seluruh Polsek jajaran telah mendirikan Posko Pasar guna mengoptimalkan kegiatan razia dan edukasi pendisiplinan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19, di lokasi perbelanjaan masyarakat.

Posko-posko pasar ini diisi oleh personel gabungan dari unsur TNI/Polri, Sat Pol PP dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel dengan fungsi memberikan edukasi serta teguran kepada masyarakat yang ditemukan melanggar prokes, seperti tidak memakai masker.

“Kegiatan-kegiatannya difokuskan pada upaya pencegahan penyebaran Covid-19, terutama di pusat-pusat perekonomian seperti di pasar yang kita lakukan saat ini,” jelas Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu siang (25/08/2021).

Cara bertindaknya, tetap mengedepankan kegiatan persuasif humanis, guna memastikan bahwa melalui konsep pendekatan ini, masyarakat lebih menyadari akan pentingnya disiplin dalam menerapkan Prokes.

“Bentuk kegiatannya berupa himbauan, sosialisasi, edukasi serta memberikan teguran dan sanksi sosial terhadap pelanggar Prokes,” terang Kapolres Minsel.

Diharapkan dengan adanya Posko Pasar ini, masyarakat dapat terus mengedepankan penerapan Prokes dalam setiap transaksi jual beli.

Ditambahkannya, pasar merupakan salah satu sentra esensial perekonomian masyarakat. Tempat jual beli dan mendapatkan bahan kebutuhan pokok kita. 

"Pasar merupakan tempat pertemuan dan keramaian. Ini harus disikapi dengan bijak kaitan dengan situasi pandemi saat ini. Tetap gunakan masker, dan usai beraktivitas jangan lupa membersihkan tubuh, serta cuci tangan dengan sabun,” imbau Kapolres Minsel. (Simon)