Rombak Kabinet Jilid I, FDW-PYR Lantik 83 Pejabat Eselon III dan IV - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Rombak Kabinet Jilid I, FDW-PYR Lantik 83 Pejabat Eselon III dan IV

 Sumpah janji jabatan dan pelantikan 83 pejabat administrator dan pengawas oleh Bupati Minsel. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) dibawah kepemimpinan Bupati Franky Donny Wongkar, SH (FDW) dan Wakil Bupati (Wabup) Petra Yani Rembang, M.Th (PYR), akhirnya memulai perombakan kabinet secara besar-besaran.

Pada perombakan kabinet jilid I tersebut, puluhan "muka baru" menduduki jabatan eselon III dan IV di lingkup Pemkab Minsel.  

Pengambilan sumpah janji jabatan dan pelantikan terhadap 83 pejabat administrator dan pengawas itu, dilakukan langsung oleh Bupati FDW, dI Aula Waleta Kantor Bupati Minsel, Jumat (27/08/2021).

Puluhan pejabat yang dilantik mengisi jabatan Sekretaris Dinas/Badan, Kepala Bidang (Kabid), Kepala Bagian (Kabag) dan Kasubag/Kasub di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah dan Sekretariat DPRD Minsel, serta jabatan Kepala Bagian (Kabag) dan Kepala Sub Bagian (Kasubag) di lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minsel. 

Bupati FDW dalam sambutannya menegaskan, Pemkab Minsel tidak membutuhkan superman, tapi butuh super team, yakni tim yang kuat dan solid dalam mengelolah roda pemerintahan di daerah ini. 

“Kami butuh orang-orang yang loyal, berdedikasi, berintegritas, bersinergi dengan pimpinan dan punya komitmen yang tinggi untuk mengabdi demi kesejahteraan rakyat Minsel,” tegasnya.

Bupati FDW juga mengharapkan, pejabat yang dilantik dapat melakukan tugas dan tanggung jawab dengan profesional terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) selaku abdi negara dan pelayan publik.

"Saya berharap para pejabat yang dilantik dapat membuat masyarakat bahagia dan sejahtera. Yang tak kalah pentingnya, yakni melaksanakan pelayanan publik secara optimal, profesional dan bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN),” tuturnya. 

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sulawesi Utara (Sulut) 4 periode ini meminta pejabat administrator dan pengawas yang baru dapat menjadi agen-agen perubahan serta perekat dan pemersatu bangsa. 

“Bukannya menjadi pemecah belah. Saudara-saudara harus mampu bekerja sama, bekerja keras, berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak demi terwujudnya Visi Kabupaten Minsel, yakni Maju, Berkepribadian dan Sejahtera,” tandasnya.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Sulut Daerah Pemilihan (Dapil) Minsel-Mitra 3 periode ini juga mengharapkan loyalitas dan dedikasi yang tinggi para bawahannya. 

“Mari kita satukan kelebihan masing-masing agar menjadi kelebihan bersama dimanapun kalian ditempatkan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, mantan Direktur YLBH-LBH Manado 3 periode ini menyentil soal tren kasus Covid-19 di Kabupaten Minsel yang cenderung meningkat, dan meminta para pejabat eselon III dan IV dapat bekerja bersama mengantisipasi penyebaran dan penularan pandemi Covid-19.

Dikatakannya, Kabupaten Minsel sampai saat ini masih zona oranye atau resiko sedang dan masih Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. 

"Kita harus terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan gencar mensosialisasikan gerakan 6 M. Pejabat yang baru dilantik diharapkan dapat menjadi dinas kesehatan di setiap bidang kerja, agar kita dapat menekan angka kasus Covid-19 di Minsel,’ imbuh mantan Ketua Dewan Daerah WALHI Sulut ini.

Turut hadir pada hajatan tersebut, Sekretaris Daerah Denny Kaawoan, SE, M.Si, para asisten di lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minsel dan sejumlah kepala dinas dan badan. 

Diperoleh informasi, perombakan kabinet jilid II pejabat eselon III dan iV akan kembali digelar pada Senin (30/08/2021) hingga awal September mendatang. 

Sekitar minggu pertama atau minggu kedua September 2021, akan dilaksanakan pula “cuci gudang” pejabat eselon II yang diawali dengan tahapan asesmen dan lelang jabatan.  (Simon)