Kapolres Minsel Pimpin Sertijab Tiga Kapolsek dan Lantik Kasikum - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Kapolres Minsel Pimpin Sertijab Tiga Kapolsek dan Lantik Kasikum

Kapolres Minsel bersama rohaniawan dan para perwira yang dipromosi jadi Kapolsek dan Kasikum. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Polres Minahasa Selatan (Minsel) menggelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) tiga Kapolsek yang ada di lingkungan jajarannya dan  pelantikan Kepala Seksi Hukum (Kasikum), Rabu (08/09/2021).

Hajatan digelar di halaman utama Markas Komando (Mako) Polres Minsel, dan dihadiri seluruh pejabat utama, perwira, brigadir, dan ASN.

Upacara sertijab tiga Kapolsek ini dipimpin langsung Kapolres Minsel AKBP S. Norman Sitindaon, SIK, selaku Inspektur Upacara (Irup). 

Sementara Kabag Sumda AKP I Ketut Mantra, SH, bertindak selaku Perwira Upacara (Paup), dan Ipda Cor Kainama selaku Komandan Upacara (Dan Up).

Dasar pelaksanaan upacara sertijab yakni Keputusan Kapolda Sulut Nomor Kep/474/VIII/2021, tanggal 22 Agustus 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan perwira di lingkungan Polda Sulut.

Adapun pejabat yang disertijabkan yakni Kapolsek Motoling Iptu Mulyadi Lontaan kepada Iptu Tonny Simarmata yang sebelumnya bertugas di SPN Polda Sulut. 

Iptu Mulyadi Lontaan selanjutnya menempati jabatan baru sebagai Kasubbag Kerma Bag Ops Polres Minsel.

Kapolsek Tenga dari Iptu Novie Maleke kepada Iptu Yusak Parinding, S.Th, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbag Humas Bag Ops Polresta Manado. 

Iptu Novie Maleke selanjutnya menempati jabatan baru sebagai PS. Kasikum Polres Minsel.

Kapolsek Tareran dari Ipda Betsy Lumi kepada Iptu Anthonius Tumbelaka yang sebelumnya bertugas di Bag Ren Polres Minahasa. 

Ipda Betsy Lumi selanjutnya menempati jabatan baru sebagai PS. Kasubbagdalprogar Bag Ren Polres Minsel.

Kapolres Minsel dalam amanatnya mengatakan, mutasi jabatan merupakan hal biasa yang dilakukan di lingkungan institusi Polri.

"Ini bertujuan untuk menjaga dinamika operasional dan penyegaran dalam manajerial organisasi dalam melaksanakan misi untuk mencapai visi yang ditetapkan organisasi,” jelasnya.

Poin penting atensi Kapolres Minsel diantaranya tugas pokok Kapolsek dalam mengendalikan organisasi di tingkat kewilayahan, sinergitas TNI/Polri, pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan, serta optimalisasi kegiatan edukasi disiplin protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

"Kapolsek juga harus mampu menjaga stabilitas kamtibmas, serta deteksi dini dan mapping potensi kerawanan konflik sosial guna menentukan langkah teknis/taktis dalam upaya pencegahan dan penanggulangannya," imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya, Kapolres Minsel menyampaikan terima kasih kepada pejabat lama atas dedikasi dan sumbangsih dalam memajukan organisasi Polres Minsel. 

“Bagi pejabat yang baru diharapkan dapat segera menyesuaikan dengan lingkungan penugasannya. Berikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pungkas Perwira Menengah (Pamen) Polri yang selalu enerjik dan murah senyum ini. (Simon)