Mandolokang dan Tagulandang Pusat Bersih-Bersih WCD Sitaro - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Mandolokang dan Tagulandang Pusat Bersih-Bersih WCD Sitaro

Peserta kegiatan WCD Sitaro (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Peringatan hari bersih-bersih sampah se-dunia atau dikenal world clean up day tiap tahunnya digelar setiap bulan September. Tahun ini akan dilakukan serentak pada tanggal 18 September 2021 di seluruh dunia.

Sedangkan untuk wilayah Sitaro sendiri telah dilaksanakan pre-event kegiatan WCD pada tanggal 9-10 September 2021, yang diawali dengan sosialisai kepada pemerintah dan masyarakat Tagulandang. 

"Sosialisasi ini bertujuan untuk memberitahukan bahaya sampah plastik terhadap kesehatan melalui konsumsi ikan laut yang terkontaminasi mikro plastik dari sampah yang hanyut ke laut, dan juga peran perempuan dalam pengelolaan sampah dari rumah," ungkap ketua WCD Sitaro, Nadya Kakunsi kepada awak media, Senin (13/9/2021).

Kakunsi menambahkan, aksi bersih-bersih sampah ini bertujuan untuk kampanye kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang dan mengurangi limbah sampah pada selokan hingga di tepi pantai, agar tidak merusak ekosistem laut di Kabupaten Sitaro.

"Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang lebih dan tetap menerapkan protokol kesehatan, yang mana dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Sitaro yakni Dinas Lingkungan Hidup, Camat Tagulandang Induk, DANPOSAL, DANRAMIL, Polsek Tagulandang, KNPI, Komunitas Bentor Tagulandang dan gabungan pemuda dari Tagulandang," tuturnya.

Sambungnya, sampah yang berhasil dikumpulkan pada dua lokasi ini yakni di sekitar Lapangan Mandolokang dan Pasar Tagulandang ini lebih dari 20 karung. "Sampah-sampah tersebut diangkut oleh mobil sampah yang disediakan DLH Sitaro untuk di bawa ke TPA," tutupnya. (fn)