Bupati JG Apresiasi Upaya KTNA Pertahankan Produksi Pertanian Ditengah Pandemi Covid-19 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Bupati JG Apresiasi Upaya KTNA Pertahankan Produksi Pertanian Ditengah Pandemi Covid-19

Bupati Minut Joune Ganda SE Bersama Ketua KTNA Minut Arly Dondokambey Dalam Perayaan HPS ke-41 Tahun 2021 (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Kabupaten Minahasa Utara telah dipercayakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Pangan Sedunia ke-41 Tahun 2021.

HPS ke-41 tahun 2021 tersebut dipusatkan di areal pertanian Jalan SBY Desa Matungkas Kabupaten Minahasa Utara Senin 25 Oktober 2021 yang dihadiri langsung Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara Ir. Novly Wowiling, M.Si dan kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara Wangke Karundeng.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Minahasa Utara Arly Dondokambey mengatakan HPS ke-41 tahun 2021 yang mengangkat tema “Pertanian Meningkat, Pangan Aman, di Tengah Pandemi Krisis Global” bertujuan untuk memperkuat kerja sama dan meningkatkan koordinasi fungsional yang efektif dari seluruh komponen pemerintah dan masyarakat guna mendukung ketahanan pangan.

Arly Dondokambey sangat mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong menyalurkan layanan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk sektor Pertanian. 

KUR ini, menurut Arly Dondokambey sangat membantu kondisi para petani dan kelompok usaha tani yang terdampak langsung Penyebaran wabah korona.

"Saya kira program KUR ini mampu membantu kondisi mereka (petani dan usaha tani) dalam menjalankan produksi dan usaha taninya. Kesempatan ini harus dimanfaatkan betul-betul dan jangan disia-siakan," ujar Arly Dondokambey.

Dondokambey mengatakan, dengan bantuan KUR, indonesia bisa bertahan dari berbagai gejolak dan ancaman krisis pangan karena petani terus melakukan produksi. 

Ia menilai langkah ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan dalam berbagai kesempatan.

"Ini menjadi dukungan tersendiri bagi petani agar tetap semangat dalam bertani di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini," katanya.

Ditambahkan Arly Dondokambey untuk Wilayah Minut pencairan dana KUR saat ini harus mendapat rekomendasi dari Ketua KTNA.

Dibagian lain Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE sangat memberi apresiasi atas upaya KTNA Minut yang sudah membantu kelompok tani yang lain didalam mengembangkan varitas-varitas baru dan unggul yang tingkat produksinya lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Menurut Bupati JG untuk sektor pertanian di Kabupaten Minahasa saat ini tidak terganggu dengan kondisi Pandemi Covid-19.

"Produksi pertanian Kabupaten Minahasa Utara sampai saat ini masih bagus dan tidak terpengaruh dengan Pandemi Covid-19. Justru saat ini Kabupaten Minahasa masih mengekspor hasil pertanian," ujar Bupati Joune Ganda.

Bupati Joune Ganda berharap para kelompok tani dikabupaten Minahasa Utara terus membangun komunikasi dengan Instansi terkait dilingkup Pemkab Minut maupun KTNA agar dengan mudah mendapatkan bantuan dan juga mendapat varitas -varitas tanaman unggul yang bisa menambah jumlah produksi pertanian. (Joyke)