Fatayat NU Sulut Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Untuk Warga Desa Gangga Dua - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Fatayat NU Sulut Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Untuk Warga Desa Gangga Dua

Petugas kesehatan saat melakukan pemeriksaan kepada warga (Foto: Dok Fatayat Nahdlatul Ulama Sulawesi Utara)

Sulut24.com, MINUT -
Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat Nahdlatul Ulama Sulawesi Utara Dr. Rosdalina Bukido, M. Hum menggelar pemeriksaan kesehatan gratis pada masyarakat Gangga Dua, Kabupaten Minahasa Utara. 

Kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman antara PW Fatayat NU Sulawesi Utara dengan Pemerintah Desa Gangga Dua. 

Ketua PW Fatayat NU Sulawesi Utara mengatakan bahwa maksud kedatangannya ke Desa Gangga Dua  adalah untuk membantu, memfasilitasi dan memberikan advokasi kepada masyarakat Gangga Dua dalam bidang dakwah, sosial, hukum, politik, kesehatan, lingkungan dan hal-hal yang berkaitan dengan riset dan pengabdian Fatayat.

“Fatayat sebagai oraganisasi perempuan Nahdiyin harus mampu berbaur dengan masyarakat, memperjuangkan hak-hak perempuan, mengayomi, membantu dan merasakan apa yang dihadapi oleh masyarakat. Desa ini pula menjadi desa binaan Fatayat NU Sulut, sehingga program-program kerja Fatayat ke depan tetap terlaksana dan diharapkan eksis sampai pada pengurus-pengurus  periode selanjutnya.” jelas Ketua PW Fatayat NU Sulut.

Pemeriksaan Kesehatan gratis yang dilakukan langsung oleh Ketua Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup Bidan Irma Safitri Amalia serta dibantu oleh perawat dan juga Pengurus Wilayah Fatayat NU Sulut lainnya disambut antusias oleh masyarakat. 

Guna mengantisipasi animo masyarakat yang tinggi, Divisi Kesehatan dan Lingkungan Hidup juga turut melibatkan tenaga sukarela dari Desa Gangga Dua untuk membantu kelancaran kegiatan tersebut. 

Pemeriksaan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat meliputi pemeriksaan kolestrol, asam urat, gula darah serta pemeriksaan ibu hamil. Tercatat ada sekitar 100 orang warga Desa Gangga Dua yang memeriksakan kesehatannya pada pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar di kantor Hukum Tua Desa Gangga Dua pada Sabtu (16/10/2021). 

Kehadiran serta kegiatan yang digelar oleh Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat Nahdlatul Ulama Sulawesi Utara tersebut mendapat sambutan baik oleh pemeritah Desa Gangga Dua. 

Ketua BPD Desa Gangga Dua mengatakan bahwa sulitnya akses untuk menjankau desa Desa Gangga Dua membuat desa tersebut menjadi desa yang jarang dikunjungi, untuk itu Ketua BPD Desa Gangga Dua menyampaikan apresiasinya atas kunjungan dan kegiatan yang digelar oleh Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat Nahdlatul Ulama Sulawesi Utara. 

“Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, sebab kunjungan seperti ini jarang kami peroleh mengingat kami masyarakat Gangga Dua tinggal di kepulauan yang sulit untuk dijangkau,” kata Ketua BPD Desa Gangga Dua. (fn)