Tingkatkan Kualitas Kader, KMHDI Sulut dan Ambon Gelar Training Of Trainer - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Tingkatkan Kualitas Kader, KMHDI Sulut dan Ambon Gelar Training Of Trainer

Foto bersama peserta Training Of Trainer (Foto: Dok KMHDI)

Sulut24.com, MANADO - Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Regional Sulawesi dan Ambon menggelar Training Of Trainer (TOT)  XVII. 

Kegiatan yang digelar di aula serbaguna kantor Walikota Manado tersebut dibuka oleh Gubernur Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Utara Ferry Sangian, pada Rabu (1/12/2021).

Kegiatan yang mengusung tema “Generasi Muda Produktif, Bangun Indonesia Kreatif” ini juga turut dihadiri oleh Wakil Walikota Manado, dr. Richard Sualang, Bupati Minahasa Utara yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga,  Presidium Pusat KMHDI, I Putu Yoga Saputra dan Pembimas Hindu Sulawesi Utara, I Nengah Kokog. 

Ketua panitia TOT XVII Regional Sulawesi Utara, I Putu Krishna Aditya menjelaskan bahwa kegiatan Training Of Trainer tersebut digelar untuk membentuk kader yang memiliki pemikiran berkualitas dan sadar akan jati diri KMHDI, selain itu kegiatan Training Of Trainer juga bertujuan untuk menjadikan kader KMHDI agar siap menjadi trainer (Pelatih) baik secara teknis maupun non teknis. 

Dalam sambutannya mewakili gubernur, Kaban Kesbangpol Ferry Sangian mengatakan bahwa kegiatan Training Of Trainer tersebut sangat penting untuk meningkatkan SDM generasi muda guna menangkal pengaruh-pengaruh negatif globalisasi dan modernisasi. 

“Untuk menigkatkan SDM Sulawesi dan Ambon dari akses negatif globalisasi dan modernisasi yang sangat berpotensi merusak moral dan kepribadian, untuk itu mari kita sukseskan kegiatan Training Of Trainer regional Sulawesi dan Ambon di bumi nyiur melambai,” kata Sangian.

Senada dengan Sangian, Wakil Walikota Manado dr. Richard Sualang mengharapkan agar kegiatan TOT tersebut dapat membuka wawasan setiap kader untuk meningkatkan potensi diri.

“Dengan kerjasama bersama kaum pemuda dengan latar belakang yang berbeda-beda, kegiatan TOT diharapkan akan membuka wawasan atau pengetahuan yang akan menjadi bekal setiap kader dalam meningkatkan potensi diri,” ucap Sualang.

Ketua Presidium Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia, I Putu Yoga Saputra juga turut mengingatkan agar generasi muda saat ini harus siap menjalani bonus demografi yang  presentase usia produktif lebih tinggi dibandingkan yang tidak produktif. 

 "Kita generasi muda harus siap dalam menjalani bonus demografi dimana angka usia produktif lebih banyak dibandingkan yang tidak produktif.  Jika keadaan tersebut tidak diimbangi dengan persiapan yang matang justru dapat menjadi ancaman bagi negara. Oleh sebab itu dikegiatan TOT ini diharapkan teman-teman bisa mengikuti dengan baik sehingga bisa meningkatkan kualitas diri,” tutur yoga. 

Senada dengan Ketua Presidium Pimpinan Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia, Ketua PD KMHDI Sulawesi Utara I Gede Narasima juga berharap agar kader-kader dari daerah yang menjadi delegasi nantinya ketika kembali ke daerah masing-masing bisa memberikan hal-hal terbaik untuk kemajuan daerah. 

Diketahui kegiatan Training Of Trainer ini diikuti oleh 30 peserta dan 18 fasilitator yang merupakan perwakilan dari beberapa pimpinan cabang dan pimpinan daerah seregional Sulawesi dan Ambon. (fn)