Tonny Rawis, Dokter Teladan yang Kini Menahkodai IDI Cabang Minsel - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas


Advertisement

Tonny Rawis, Dokter Teladan yang Kini Menahkodai IDI Cabang Minsel

Ketua IDI Cabang Minsel, Dr. Tonny Rawis (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Siapa yang tidak kenal dengan sosok dokter yang satu ini? Apalagi bagi kalangan warga di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), terutama warga Amurang dan sekitarnya.

Dia adalah Dr. Tonny Rawis. Saat ini ia dipercayakan menjabat Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Minsel Masa Bakti 2021-2024. 

Ia terpilih melalui forum Musyawarah Daerah (Musda) IDI Cabang Minsel yang digelar di Hotel Sutanraja Amurang, pada 27 Oktober 2021 lalu.

Mantan Kepala Puskesmas Ongkaw ini, dilantik sebagai Ketua IDI Cabang Minsel oleh Ketua IDI Wilayah Sulawesi Utara, Dr. Franckie R. R. Maramis, M.Kes. PKK, SpKKLP.

Dalam komposisi pengurus IDI Cabang Minsel Masa Bakti 2021-2024, Dr. Tonny Rawis dikawal oleh Dr. Marthin N. Ondang selaku Ketua Dewan Pertimbangan, Dr. Henny W. Ottay, SpPD selaku Ketua Dewan Pakar, dan Dr. Ellaine Mc Wenur selaku Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran/MKEK.

Ia juga dibantu sejumlah rekan dokter lainnya. Mereka adalah Dr. Monita Nangoy, Mbiomed (Wakil Ketua), Dr. Christian Tambingon (Sekretaris), Dr. Ester Tumuju, M.kes (Wakil Sekretaris), dan Dr. Marissa M. Liwe (Bendahara).

Dr. Tonny Rawis saat dilantik sebagai Ketua IDI Cabang Minsel. (foto: Ist)

Dr. Limbert Lepa (Ketua Bidang Organisasi dan Sekretariat), Dr. Wini Wowor (Ketua Bidang Pengabdian dan Sosial), Dr. Rio A. Najoan (Ketua Bidang Kesejahteraan dan Kemitraan).

Dr. Wiwin I. Opod (Ketua Tim Mitigasi Bencana dan Tanggap Darurat), dan Dr. Grace P.D. Reppi, SpOG (Ketua Tim Pengembangan dan Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan/P2KB).

Suami dari Dr. Grace P. D. Reppi, SpOG yang telah dikaruniai satu anak bernama Evania Ch. A. Rawis ini, dikenal sebagai sosok dokter yang bersahaja, murah senyum dan cepat akrab dengan siapa saja,

Alumnus Fakultas Kedokteran Unsrat Angkatan 1993 ini bukanlah wajah baru di kalangan pengurus IDI Minsel. 

Sebelumnya, dokter Tonny pernah dua kali menjabat Wakil Sekretaris IDI Minsel Masa Bakti 2009-2014 dan Masa Bakti 2014-2018. 

Terakhir ia menjabat Sekretaris IDI Minsel Masa Bakti 2018-2021. 

Di kalangan masyarakat Minsel, apalagi warga Amurang dan sekitarnya, sosok lelaki kelahiran Manado, 6 Oktober 1975 silam ini, sudah tidak asing lagi.

Dokter Teladan Tahun 2013 tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini, dikenal sebagai dokter bertangan dingin, piawai mendiagnosa dan menyembuhkan penyakit. 

Tidak heran bila tempat praktiknya di Kelurahan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang, selalu dibanjiri pasien yang datang dari berbagai penjuru.

Di sela-sela aktivitasnya yang cukup padat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) di Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel, mantan Kepala Puskesmas Amurang Barat ini tidak pernah lupa meluangkan waktu untuk melayani pasien langganannya.  

Lelaki enerjik dan murah senyum ini, juga aktif di bidang kerohanian. 

Saat ini ia tercatat sebagai Pelayan Khusus (Pelsus) di Jemaat GMIM Sentrum Amurang, Wilayah Amurang Satu, Rayon Minsel.

 Bupati dan Wabup Minsel foto bareng pengurus IDI Minsel Masa Bakti 2021-2024. (foto: Ist)

"Sesibuk apapun aktivitas kita, melayani sesama dan melayani Tuhan adalah panggilan hidup kita. Tuhan memberkati hidup kita, supaya kita dapat menjadi saluran berkat bagi banyak orang," tutur dokter Tonny Rawis mengingatkan. (Simon)