Bahas Program Rumah Produksi Bersama, FDW-PYR Audiensi Menteri Koperasi dan UKM RI - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Bahas Program Rumah Produksi Bersama, FDW-PYR Audiensi Menteri Koperasi dan UKM RI

 Bupati dan Wakil Bupati Minsel foto bareng Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki beserta jajarannya. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH (FDW) bersama Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (PYR) berkunjung ke Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Republik Indonesia (RI), di Jakarta, Selasa (18/01/2022).

Kedatangan Bupati FDW dan Wabup PYR, diterima langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.

Pada kesempatan itu, Menteri Masduki turut didampingi Deputi Bidang UKM Hanung Harimba Rachman, dan Deputi Bidang Kewirausahaan Siti Azizah. 

Sementara Bupati FDW dan Wabup PYR turut didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Minsel Dr. Meidy Maindoka, M.Si, Dosen Agribisnis, Sosial Ekonomi Pertanian Unsrat Dr. Ir. Tommy Lolowang, M.Si, dan

Ketua Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Unsrat, Ir. Dedie Tooy, M.Si, Ph.D.

Pertemuan tersebut membahas tentang persetujuan dari Kemenkop UKM RI terkait program pembangunan Rumah Produksi Bersama (Factory Sharing) yang dianggarkan oleh Kemenkop UKM senilai Rp. 126 miliar untuk tiga tahun anggaran.

Terkait program Rumah Produksi Bersama, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Minsel telah mendapatkan bantuan dana tahap pertama dari Kemenkop UKM RI senilai kurang lebih Rp. 11 miliar dari jumlah anggaran keseluruhan.

Ini tidak lepas dari kerja keras dan upaya lobi dari Bupati FDW bersama Wabup PYR yang gencar melakukan kunjungan dan pertemuan, sembari terus bersinergi, baik dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut). 

Direncanakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel melalui Dinas Koperasi dan UMKM akan menjalankan program Rumah Produksi Bersama pada tahun anggaran 2022 ini.

Diharapkan, melalui program ini, kualitas produk UMKM di Kabupaten Minsel dapat berstandar industri.

Diperoleh informasi, program pembangunan Rumah Produksi Bersama hanya diperuntukkan lima provinsi di Indonesia, yakni Provinsi Aceh, Sulut, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Timur. 

"Untuk Provinsi Sulut, hanya Kabupaten Minsel yang mendapatkan program Rumah Produksi Bersama ini," ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Minsel, Dr. Meidy Maindoka, M.Si kepada wartawan.

 Bupati FDW dan Wabup PYR saat audiensi dengan Menteri Koperasi dan UKM RI. (foto: Ist)

Dalam audiensi tersebut, Bupati FDW menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada Menteri Masduki beserta jajarannya, karena telah menyambut baik kunjungan dari Pemkab Minsel.

Apalagi, pihak Kemenkop UKM RI telah memberi kesempatan mendapatkan bantuan dana yang cukup besar dan sangat bermanfaat bagi masyarakat Minsel.

"Terutama para pelaku UMKM di Kabupaten Minsel untuk mengembangkan usaha mereka. Ini akan berdampak positif bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," kata Bupati FDW.

Di hadapan Menteri Masduki dan jajarannya, Bupati FDW dan Wabup PYR memastikan bahwa Pemkab Minsel akan menggunakan bantuan dana tersebut dengan tepat dan benar, serta sesuai peruntukannya. (Simon)