Gelar Penanaman Massal, FDW-PYR Serahkan Bantuan Kementerian Pertanian - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas


Advertisement

Gelar Penanaman Massal, FDW-PYR Serahkan Bantuan Kementerian Pertanian

Bupati bersama Wabup dan Forkopimda Minsel saat penanaman massal di Perkebunan Kayuwolo. (foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH (FDW) dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (PYR) menghadiri kegiatan penanaman massal di Perkebunan Kayuwolo, Desa Sapa Barat, Kecamatan Tenga, Jumat (14/01/2022).

Kegiatan yang mengusung tema "Bersama Melakukan Perubahan" tersebut, dalam rangkaian pembukaan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Minsel Tahun 2022.

Rangkaian kegiatan tersebut, juga dilakukan secara serentak di 17 kecamatan se-Kabupaten Minsel, dan dibuka oleh Bupati FDW secara virtual melalui zoom meeting dan live streaming yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Minsel.

Kegiatan diawali dengan doa dan dilanjutkan dengan laporan singkat oleh Ketua Umum Panitia Pelaksana, Arthur Donald Tumipa, M.Ed.

Tumipa dalam laporannya menjelaskan, menyambut perayaan HUT ke-19 Kabupaten Minsel selain digelar kegiatan penanaman massal, pihak panitia juga melaksanakan vaksinasi booster Covid-19 yang dipusatkan di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel. 

Selain itu, juga digelar lomba kamtibmas dan produk lokal antar kecamatan, serta lomba Pos Kamling di tingkat desa.

Penyerahan bantuan Kementerian Pertanian oleh Bupati Minsel. (foto: Sulut24/Simon)

"Puncaknya, pada 27 Januari 2022 mendatang, akan dilaksanakan upacara di Kantor Bupati Minsel, dilanjutkan dengan Rapat Paripurna DPRD Minsel dalam rangka Peringatan HUT ke-19 Kabupaten Minsel," ungkap Asisten Administrasi Umum Setdakab Minsel ini.

Sementara itu, Bupati FDW dalam sambutannya menyampaikan, pada tahun anggaran 2022 ini sektor pertanian akan menjadi sektor unggulan Minsel melalui gerakan “Mari Jo Ba Tanam”.  

Dilansir dari Diskominfo Minsel, untuk sektor pertanian telah dilaksanakan peningkatan pertanian dataran tinggi melalui program Upland Project senilai Rp. 7 miliar 356 juta dari total anggaran Rp. 68 miliar 826 juta 500 ribu yang akan dilaksanakan dari tahun 2021 hingga 2024 mendatang.

Di akhir sambutannya, Bupati FDW meminta semua pihak untuk saling membantu dan berkoordinasi dengan panitia pelaksana agar semua kegiatan yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan ini dirangkaikan pula dengan penyerahan bantuan Kementerian Pertanian lewat program pengembangan dan manajemen irigasi partisipatif terintegrasi (Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project-IPDMIP) di Kabupaten Minsel.

Bantuan program IPDMIP terdiri dari sarana prasarana teknologi informasi (PC unit) dengan jumlah total 18 unit, dengan rincian 17 unit untuk Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yang tersebar di 17 kecamatan, dan satu unit untuk kabupaten. 

Kemudian peralatan teleconference dalam rangka penguatan teknologi dan informasi, terdiri dari 8 unit AKG Wireless WMS 40 Mini Vocal Set, 8 unit Bluetooth Portable Speaker Onix 5, 8 unit Nakamitchi Portable Active Speaker M6, 8 unit Samsung Smart TV 43 Inci, dan 8 unit LCD Proyektor Maxell beserta UPS Eaton.

Bantuan peralatan teleconference diberikan kepada 7 kecamatan yang menjadi lokasi IPDMIP, yakni Kecamatan Tenga, Sinonsayang, Tumpaan, Maesaan, Tompasobaru, Ranoyapo, dan Motoling, serta satu unit untuk kabupaten.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan bantuan Upland Project yakni Alat Mesin Pertanian (Alsintan) traktor kepada Kelompok Tani (Koptan) "Esa Waya" Kecamatan Modoinding. 

Usai menyerahkan bantuan, Bupati FDW bersama Wabup PYR dan unsur Forkopimda Minsel melakukan penanaman benih jagung, dilanjutkan dengan pelaksanaan Inseminasi Buatan (IB) pada seekor sapi oleh Bupati FDW dan Wabup PYR.

Bupati FDW didampingi Wabup PYR lakukan Inseminasi Buatan (IB) pada seekor sapi. (Sulut24/Simon)

Turut hadir pada kesempatan itu, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Minsel terdiri dari Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, S.I.K,  Dandim 1302 Minahasa yang diwakili Danramil 1302-14/Amurang Kapten Inf. Ramli Hamanja, unsur Kejaksaan Negeri (Kejari) Minsel yang diwakili Kepala Seksi Pidana Khusus Roger Lawrence Van Hermanus, SH, dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Amurang Royke Harold Inkiriwang.

Hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Minsel Denny P. Kaawoan, SE, M.Si, anggota DPRD Minsel Franky Lengkey, para Asisten di lingkup Setdakab Minsel, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Staf Khusus Bupati Bidang Pertanian Imanuel Tapang, SP, Camat Tenga Petrus Ulaan, ST, Kapolsek Tenga Iptu Yusak Parinding, S.Th, serta Danramil 1302-15/Tenga Pelda Helfryts Larumunde. (Simon)