Oi Kesaksian dan Kampar Adventure Suksesi aksi peduli lingkungan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Oi Kesaksian dan Kampar Adventure Suksesi aksi peduli lingkungan

Suasana kegiatan BPkel Oi Kesaksian Manado, dan Kampar Adventure (Foto: Dok BPkel Oi Kesaksian Manado)

Sulut24.com, MANADO - BPkel Oi Kesaksian Manado, dan Kampar Adventure sukses menggelar aksi sisir sungai di Kampung Arab Manado,  Minggu (30/1/2022).

Kegiatan itu dilaksankan sebagai bentuk perhatian  terhadap lingkungan, dan kritik bagi masyarakat yang sering membuang sampah tidak pada tempatnya, ungkap ketua BPKel Oi Kesaksian Manado, fahrezi bahasoan kepada awak media, Senin (31/1/2022).

"Kegiatan ini, bukan sekedar mengangkat sampah. Tetapi, kami dari Oi Kesaksian dan Kampar Adventure melakukan edukasi, dengan menanam himbauan untuk tidak membuang sampah, dengan berbagai tulisan seperti stop buang sampah di Kuala, cuman hewan yang buang sampah sembarangan," jelasnya.

Ia juga menambahkan, sampah plastik  yang terangkat sebanyak 16 karung. Dan, pembersihan bukan dilakukan hanya pinggiran sungai saja, tetapi sampai halaman rumah penduduk. "Untuk suksesnya, kegiatan ini kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak baik BPKel Se-Kota Manado, serta  BPK Oi Manado yang sudah membantu dari segi saran, bantuan materi hingga tenaga. Sekali lagi, saya ucapkan terimakasih," tuturnya sembari menyebut tema kegiatan "Kita jaga bumi, bumi jaga kita."

"Kedepannya, kami akan juga melakukan survei di lokasi pembersihan, dan tempat ditanam edukasi apakah masyarakat masih membuang sampah sembarangan, atau tidak," ucapnya.

Bukan itu saja, ia juga mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah setempat, dan juga pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado yang sudah menyediakan kendaraan pengangkut sampah. "Buat panitia dan pengurus BPKel Oi Kesaksian dan Kampar Adventure akan terus Berprogram bersama untuk bulan ini, hingga bulan kedepannya," cetusnya.

Suasana kegiatan BPkel Oi Kesaksian Manado, dan Kampar Adventure (Foto: Dok BPkel Oi Kesaksian Manado)

Diwaktu yang sama, pihak fungsional penyuluh lingkungan DLH Kota Manado, M. Lieke Kembuan, S.Sos, Aj.AK ketika dihubungi mengungkapkan, apresiasi kepada pihak-pihak yang mau melakukan aksi peduli lingkungan. "Kegiatan ini,  guna menyadarkan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, agar tetap menjaga kebersihan lingkungan, dan buanglah sampah pada tempatnya, bukan di Sungai," imbuhnya.

"Tidak membuang sampah di Sungai, menjadi contoh yang positif dalam rangka menciptakan Kota Manado sehat dan bersih. Menurut saya, kegiatan Oi Kesaksian dan Kampar Adventure  sangat baik guna pelestarian sungai. Sekiranya, dapat berlangsung rutin dengan melibatkan masyarakat setempat," tambahnya.

Untuk itu, Pemerintah Kota Manado siap membantu setiap program yang baik oleh Oi, di setiap tempat yang berlokasi di Kota Manado, DLH Manado siap membantu, tutupnya. (fn)