Gratis Digunakan Warga, Jekmon Amisi Siapkan Ambulance Laut 'Sahabat JA' - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Gratis Digunakan Warga, Jekmon Amisi Siapkan Ambulance Laut 'Sahabat JA'

Wakil Ketua DPRD Talaud, Jekmon Amisi SH bersama warga saat menarik speedboat Ambulance Laut Sahabat JA (Foto: Ist) 

Sulut24.com, TALAUD - Wakil Ketua DPRD Talaud, Jekmon Amisi SH, menyiapkan satu speedboat sebagai ambulance laut. Speedboat dengan mesin tempel 40pk yang berkapasitas muat dua puluh penumpang itu diluncurkan di Melonguane, Jumat (18/02/22) pagi.

Jekmon Amisi, sesaat usai giat peluncuran speedboat mengatakan, sarana yang disiapkan secara pribadi tersebut untuk menjawab kebutuhan masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud, lebih khusus bagi masyarakat di pulau-pulau terluar.

"Speedboat ini sebagai ambulance laut, dikhususkan buat mengangkut orang sakit yang ada di pulau-pulau yang ada di Talaud," kata wakil rakyat yang sering disapa JA tersebut.

Speedboat sebagai ambulance laut itu diberi tulisan nama SAHABAT JA. Sebelum diluncurkan, diawali dengan ibadah dan prosesi budaya oleh tokoh-tokoh adat sebagaimana tradisi pada masyarakat Talaud.

"Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa, atas penyertaanNya sehingga peluncuran speedboat ini berlangsung dengan baik, termasuk mulai dari proses pembuatan sampai hari ini, dan sekarang siap untuk digunakan," kata JA kepada wartawan.

Ditegaskan JA, sejatinya sarana angkutan laut merupakan salah satu kebutuhan urgen masyarakat. Lebih khusus bagi warga pulau-pulay yang sedang sakit dan butuh transportasi untuk datang berobat di ibukota kabupaten.

"Fasilitas angkutan laut  seperti ini sangat dibutuhkan warga talaud khususnya ada di pulau-pulau.  Maka saya berniat menghadirkannya. Sekarang sudah terwujud dan siap digunakan," sebut mantan ketua KPUD Talaud tersebut.

Speedboat beserta mesin motor tempel, kata JA lebih lanjut, diadakan dengan biaya yang memadai. Seluruhnya dirogoh dari kocek pribadi. "Puji syukur, Tuhan memberi berkat kepada saya dan keluarga untuk kemudian dapat membantu sesama," katanya.

Nampak Speedboat Ambulance Laut Sahabat JA usai diluncurkan (Foto: Ist)

"Jadi, ambulance sudah bisa digunakan mulai hari ini oleh warga yang mau membawa keluarga untuk berobat ke rumah sakit di Melonguane. Silahkan menggunakanya, gratis," kata JA lalu melanjutkan, dia juga akan berupaya menghadirkan unit ambulance darat.

Khusus ambulance darat, sebut JA, pertama-tama akan melayani kebutuhan transportasi warga di pulau Karakelang. "Ini juga untuk mempermudah kebutuhan transportasi masyarakat," ujar JA yang sudah mengkristal di publik Talaud sebagai calon bupati pada Pilkada 2024 mendatang.(rdy/*)