Kantongi Ijin Kemdikbudristek, Peresmian IST "Esa Trinita" Dihadiri Bupati FDW - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kantongi Ijin Kemdikbudristek, Peresmian IST "Esa Trinita" Dihadiri Bupati FDW

Bupati Minsel saat menghadiri peresmian Institut Sains dan Teknologi "Esa Trinita". (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Impian masyarakat Minahasa Selatan (Minsel) untuk bisa memiliki sebuah perguruan tinggi kini terwujud sudah. 

Adalah Institut Sains dan Teknologi (IST) "Esa Trinita" yang secara resmi telah hadir dan di-launching oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH, di Hotel Sutanraja Amurang, Rabu (16/02/2022). 

Kehadiran Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tersebut ditandai dengan peresmian dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Ijin Pendirian Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) Nomor 43/E/O/2022 Tentang Ijin Pendirian Perguruan Tinggi Baru. 

Peresmian IST "Esa Trinita" yang dipimpin Rektor Harvani Boky, SKM, M.Kes tersebut, diawali dengan ibadah syukur dipimpin oleh Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Pdt. Dr. Hein Arina.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Minsel yang juga Anggota DPRD Minsel Ny. Elsje Rosje Wongkar-Sumual, Kepala Lembaga LLDIKTI Wilayah 16 Prof Mahludin H. Baruwadi, MP, yang diwakili oleh Koordinator PTS Sulut Acub Zainal Buzura, SH, MH, dan Guru Besar Prof. Manoppo Saerang.

Tampak pula Ketua Asosiasi Badan Penyelenggara PTS Drs. Teddy Manueke, MM, Ketua Pembina Yayasan Prisma Sulut Apriani A. Saerang, ST, M.Si, Ketua Yayasan Prima Sulut Merry J.J. Langi, SE, M.Si, dan sejumlah akademisi lainnya.

Bupati Franky Wongkar dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Kampus IST "Esa Trinita" akan mendorong sektor pendidikan di Kabupaten Minsel semakin maju, unggul, dan berdaya saing.

Dikatakannya, kehadiran PTS ini juga membuka peluang bagi masyarakat Minsel, terutama anak didik lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikan tinggi di daerahnya sendiri. 

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH sedang membawakan sambutan. (foto: Ist)

"Saya berharap, IST "Esa Trinita" akan mampu menghasilkan lulusan terbaik dan memiliki kompetensi akademik yang mumpuni," tutur Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini.

Di akhir sambutannya, Bupati FDW menyampaikan selamat atas peresmian Kampus iST "Esa Trinita" yang berlokasi di Desa Lopana, Kecamatan Amurang Timur.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Sulut Dr. Denny Mangala, M.Si mengharapkan,  kehadiran IST "Esa Trinita" dapat mendorong mutu pendidikan di Provinsi Sulut pada umumnya, dan Kabupaten Minsel pada khususnya.

Ditambahkannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut memiliki atensi besar dan visi yang luar biasa di sektor pendidikan.

Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), lanjutnya, pemerintah wajib mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBD dan APBN.

"Pemprov Sulut justru mengalokasikan 33 persen APBD untuk sektor pendidikan," kata Gubernur Olly sebagaimana dikutip Mangala.

Pada kesempatan terpisah, hadirnya perguruan tinggi di tanah Minsel disambut antusias oleh masyarakat Minsel.

Anggota DPRD Minsel, Franky Jirro Lelengboto, ST dan Tokoh Pendidikan Minsel Drs. S.W Sondakh, M.A.P menyatakan salut dan apresiasi kepada Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (PYR).

“Salut dan apresiasi kepada Pak Bupati FDW dan Pak Wabup PYR karena telah berhasil menghadirkan sebuah Perguruan Tinggi di Minsel. Ini yang pertama dan satu-satunya di Kabupaten Minsel," kata Lelengboto dan Sondakh.

Dengan hadirnya PTS ini, lanjut mereka, anak didik lulusan SMA/SMK asal Minsel tidak perlu jauh-jauh lagi untuk kuliah. 

"Ini merupakan terobosan sekaligus bukti konkrit komitmen Bupati FDW dan Wabup PYR dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Minsel," pungkas Lelengboto dan Sondakh.

Penandatanganan berita acara pelantikan Rektor IST "Esa Trinita" oleh Bupati Minsel. (foto: Ist)

Berikut nama Rektor dan Pejabat Struktural pada IST 'Esa Trinita'.

Rektor : Harvani Boky, SKM, M.Kes

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Akreditas : Dr. Steefra D. Mangkay, ST, M.Si

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni : Dr. Nani I.J. Undap, S.IK, M.Si

Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi dan Kewirausahaan : Edbert Marthen Mirah, ST, M.PWK

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat : DR. Denny B. Karwur, SH, M.Si

Dekan Fakultas Sains Teknologi : Reonaldy A. Berikang, S.Kom, MT

Ketua Program Studi Ilmu Pertanian : Olivia Kawulusan, SP, M.Si

Ketua Program Studi Informatika Medis : Dedi Sorongan, S.Pd, M.Pd

Ketua Program Studi Sains Kelautan : Samuel Leivy Opa, S.Kel, M.Si

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan : Chifly Ch. Lengkong, S.Pd, MM

Humas Rektor : Rutler P. Masalamate, SKM, M.Kes. (Simon)