Tuan Rumah W20-G20, Minut Dikenal Oleh Dunia - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Tuan Rumah W20-G20, Minut Dikenal Oleh Dunia

 

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda saat memberikan sambutan (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT – Tanah Tonsea Minahasa Utara menjadi tuan rumah ajang bergengsi pelaksanaan W20-G20 di Hotel Paradise Likupang, Senin (14/2/2022).

Likupang mencetak sejarah, sebagai tuan rumah pertama pelaksana side event W20, yang digelar setiap 20 tahun sekali.

Side event W20 digelar 14-16 Februari di Likupang, diikuti secara hybrid oleh delegasi 20 negara anggota G20, dimana dialog Selasa (15/2/2022) besok, seluruh delegasi akan membahas terkait Kebebasan atas Diskriminasi Gender.

Pada welcome dinner, Bupati Minut hadir didampingi Ketua TP PKK Minut Rizya Ganda Davega, dan Wakil Bupati Kevin Lotulung didampingi Wakil Ketua TP PKK Kristi Lotulung Arina.

Bupati Joune merasa beruntung, Minut bisa menjadi lokasi pelaksanaan iven internasional sehingga makin mempromosikan Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

“Kami berharap, kami berdoa, agar kita yang hadir dan mengikuti acara ini bisa melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan bisa terlaksana dengan suasana yang nyaman aman sesuai dengan harapan kita bersama,” ujar Joune.

Lebih khusus Bupati Joune menekankan bahwa Pemkab Minut mendukung upaya pemberdayaan perempuan serta memperjuangkan kesetaraan gender, dimana baik perempuan maupun laki-laki bisa menempuh atau mendapatkan akses ekonomi yang sama.

Demikian juga dengan peningkatan ketahanan perempuan pedesaan dan perempuan penyandang disabilitas, penyediaan fasilitas kesehatan yang adil secara gender.

“Terselenggaranya iven ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami sebagai daerah dimana pahlawan nasional berasal yaitu Ibu Maria Walanda Maramis. Kami siap menyambut iven-iven lainnya,” ujar Joune.

Turut hadir pada welcome dinner, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang diwakili Plt Direktur Partisipasi Masyarakat Indra Gunawan.

Ia mengapresiasi penyambutan Pemprov Sulawesi Utara dan Pemkab Minut dari bandara sampai tiba di lokasi kegiatan.

Gunawan memuji Sulut sebagai daerah yang tidak bias gender dan menjadi salah satu provinsi yang telah banyak melahirkan pemimpin perempuan di berbagai bidang.

“Peran perempuan sebenarnya sama ya kita laki-laki tidak ada bedanya. Oleh karena itu tentu pemerintah di bawah pemimpin kepemimpinan bapak Presiden Joko Widodo sangat konsen dan terus mendorong upaya mewujudkan kesetaraan gender terutama juga terus mendorong agar para perempuan juga secara aktif terlibat di dalam pembangunan,” ujar Gunawan.

Sementara Chair W20 Indonesia 2022 Hardiani Uli Tiur Silalahi, sekaligus Ketua Umum KOWANI (Kongres Wanita Indonesia) memuji keindahan pantai Likupang yang menjadi lokasi kegiatan side event pertama juga penyambutan Pemkab Minut.

“Saya tidak dapat berkata-kata apa lagi. Ini penyambutan luar biasa. Ini tonggak awal event W20. Dan bahwa benar, Indonesia tidak hanya punya Bali, tapi kita punya Likupang,” kata Uli didampingi Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Tantri Dyah Kiranadewi dan Lisye Sumakud -Sinulingga yang juga pengurus Dewan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Kawanua (DPP KKK) serta rombongan.

Hadir pula dalam kegiatan ini Delegasi Australia Lisa Noor Humaidah, Delegasi Jepang Mr Sasaki Horoki, Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo, Ketua DPRD Minut Denny Kolong, pejabat eselon II Pemkab Minut.

Gelaran welcome dinner turut menghadirkan kearifan lokal Minut, di antaranya kue-kue tradisional, musik kolintang, tari tradisional dan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). (Joyke)