Dibuka Wagub Steven Kandouw, FDW Hadiri Musrenbang RKPD Provinsi Sulut 2023 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Dibuka Wagub Steven Kandouw, FDW Hadiri Musrenbang RKPD Provinsi Sulut 2023

Bupati FDW bersama para Bupati/Wali Kota se-Sulut menghadiri Musrenbang RKPD Provinsi Sulut 2023. (foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2023, di Hotel Four Points Manado, Selasa (19/04/2022).

Hajatan yang digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut tersebut, dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Drs. Steven Octavianus Estefanus Kandouw.

Dalam sambutannya Wagub Steven Kandouw menekankan beberapa hal yang perlu disikapi dan diantisipasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda). 

Di antaranya terkait target pusat yang ditetapkan bagi Provinsi Sulut, yakni pertumbuhan ekonomi 5-5,7 persen, angka kemiskinan 5,9 persen, tingkat pengangguran terbuka 6-6,5 persen, gini ratio 0,355, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di angka 74.

“Angka-angka itu masih rasional. Tapi untuk mencapainya perlu kerja keras, baik pemerintah maupun masyarakat. Termasuk juga regulasi dari pemerintah pusat,” kata Wagub Steven Kandouw.

Wagub Steven Kandouw sedang membawakan sambutan. (foto: Ist)

Ia juga mengingatkan agar jangan sampai melupakan sektor pariwisata. Apalagi, pandemi Covid-19 yang mulai menurun, sehingga diperkirakan tren liburan bakal mengalami kenaikan.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut ini berharap, kegiatan Musrenbang bukan sekadar seremoni, tapi setiap program yang diusung dapat memberikan manfaat dan kontribusi konkrit untuk kemaslahatan masyarakat Sulut.

"Diharapkan, baik Pemprov maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) selaras dalam mewujudkan kesejahteraan, menanggulangi kemiskinan, mengurangi gini rasio, dan meningkatkan IPM," pungkas Wakil ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Sulut dan Bendahara Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulut ini. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulut Asiano Gemmy Kawatu, SE, M.Si, dan para Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Sulut.

Pada kesempatan itu, Pemprov Sulut juga menghelat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Award 2022.

Untuk kategori kabupaten, peringkat pertama diboyong Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), kedua Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), dan ketiga Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). 

Sedangkan untuk kategori Kota, Kotamobagu menjadi yang terbaik, disusul Kota Manado dan Kota Bitung di posisi kedua dan ketiga.

Wagub Steven Kandouw dan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si foto bareng para Bupati/Wali Kota se-Sulut. (foto: Ist)

PPD Award 2022 diberikan kepada para Bupati/Wali Kota dan diserahkan langsung oleh Wagub Steven Kandouw dan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si. (Simon)