Diresmikan Gubernur Olly, Bupati FDW Hadiri Peresmian RSUD ODSK - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Diresmikan Gubernur Olly, Bupati FDW Hadiri Peresmian RSUD ODSK

Bupati FDW saat menghadiri peresmian RSUD ODSK. (foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH menghadiri hajatan peresmian sekaligus Grand Opening Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ODSK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang berlokasi di Jalan Bethesda, Kota Manado, Sabtu (23/4/2022).

Peresmian dan Grand Opening RSUD ODSK diawali dengan doa oleh Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM Pdt. Dr. Hein Arina.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE.

Prosesi tersebut menandai bahwa RSUD ODSK telah resmi beroperasi.

Dalam sambutannya Gubernur Olly menegaskan, pembangunan RSUD ODSK adalah wujud komitmen pemerintah untuk hadir di tengah masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan.

“Persyaratan adminsitrasi sudah beres, kerja sama dengan BPJS pun sudah tuntas, maka hari ini diresmikan. Kita bersyukur peresmian ini bisa berjalan dengan baik,” tutur Gubernur Olly.

Peresmian RSUD ODSK ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE. (foto: Ist)

Ia  pun mengajak seluruh dokter yang ada di Sulut, agar bersama-sama mengembangkan rumah sakit berklasifikasi tipe B yang dibangun di atas lahan dengan luas total 38.000 m2 ini.

“Mari kita bersama-sama mengembangkan rumah sakit ini. Bukan mau bersaing dengan rumah sakit yang lain, tapi mari kita melengkapi apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah di tengah-tengah masyarakat terkait pelayanan kesehatan,” tandasnya.

Orang nomor satu di Bumi Nyiur Melambai itu mengingatkan, kesehatan merupakan pelayanan dasar, sehingga harus terus ditingkatkan, dan masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah.

Menurutnya, RSUD ODSK akan terus ditingkatkan dan akan dibangun unit khusus untuk melayani kebutuhan ibu dan anak, sehingga dapat langsung dimanfaatkan untuk penanganan kasus stunting.

Unit khusus ini akan melayani mulai dari ibu hamil sampai dengan pada saat anak itu tumbuh.

"Sehingga pada saat anak-anak lahir, diharapkan sudah tidak ada lagi kasus stunting di Provinsi Sulut. Mudah-mudahan tahun ini juga, unit khusus ini sudah bisa terealisasi,” imbuhnya. 

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly menegaskan pula, kesatuan tekad dan komitnen bersama, serta saling mendukung dan melengkapi, adalah hal penting yang harus terus dipelihara dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan kesehatan di Provinsi Sulut.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Provinsi Sulut dr. Fransiscus Andi Silangen, SpB.KBD, Sekretaris Provinsi Sulut Asiano Gemmy Kawatu, SE, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut dr. Debie Kalalo, dan Direktur RSUD ODSK dr. Enrico Rawung, MARS.

RSUD ODSK dibangun di atas lahan dengan luas total 38.000 m2. (foto: Ist)

Hadir pula Wakil Wali Kota Manado dr. Richard Sualang, para pejabat di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, para Kepala Dinkes Kabupaten/Kota se-Sulut, para dokter dan tim medis. (Simon)