Jadi Pimpinan Bawaslu RI, Herwyn Malonda Ikut Jejak Senator Liow - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Jadi Pimpinan Bawaslu RI, Herwyn Malonda Ikut Jejak Senator Liow

Dr. Herwyn Jefler Hielsa Malonda, SH, M.Pd dan  Ir. Stefanus B.A.N Liow, M.A.P. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Satu lagi putra terbaik asal Sulawesi Utara (Sulut) berkiprah di panggung nasional. 

Putra Sulut dimaksud adalah Dr. Herwyn Jefler Hielsa Malonda, SH, M.Pd.

Hari ini, Selasa (12/04/2022), Malonda dilantik oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo (Jokowi) sebagai Pimpinan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Periode 2022-2027.

Dengan demikian, Malonda menyusul dan mengikuti jejak Anggota DPD RI/MPR RI Ir. Stefanus BAN Liow, M.A.P yang telah lama berkiprah di tingkat pusat. 

Senator Stefanus Liow dan Herwyn Malonda adalah dua figur yang pernah menjadi 'tandem' di Komisi Pria/Kaum Bapa (P/KB) Sinode GMIM. 

Pada periode pelayanan 2014-2018, Senator Liow dan Malonda masing-masing pernah menjabat Ketua dan Sekretaris Komisi P/KB Sinode GMIM.

Padahal, dalam Rapat Konsultasi Pemilihan Komisi P/KB Sinode GMIM di Tompaso Baru awal tahun 2014 silam, keduanya sempat 'bertarung' sebagai kandidat ketua.

Namun pada akhirnya dalam periode pelayanan 2014-2018, Liow dan Malonda bersama jajaran, termasuk Pnt. Ir. Maurits Mantiri (kini Ketua Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2022-2027) menjadi 'partner' sejati dan kolektif kolegeal yang benar-benar mengedepankan kepelayanan gereja.

Di masa kepelayanan saat itu, duet Liow-Malonda mengedepankan tekad dan komitmen memperkokoh jati diri, integritas dan citra gereja, disertai berinovasi dengan program-program strategis dan kontekstual di semua aras pelayanan.

Kepemimpinan Liow dan Malonda pada periode tersebut juga dinilai berhasil memberdayakan dan mendayagunakan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.

"Termasuk menjalin sinergitas kemitraan dengan pemerintah, kepolisian dan stakeholder lainnya," ungkap Drs. Jan Rein Tumilaar, M.Sc, M.Teol kepada wartawan.

Ditambahkannya, duet Liow-Malonda juga sukses menjadikan pelayanan ibadah, pemberdayaan ekonomi jemaat, bakti sosial (bedah rumah), dan pelestarian lingkungan hidup sebagai program unggulan.

"Selain program pengembangan talenta dan potensi di bidang seni dan olahraga, penyuluhan hukum, dan pendidikan politik," imbuh Anggota Komisi P/KB Sinode GMIM periode 2005-2010 dan 2010-2014 tersebut.

Menurut Sekretaris Pengurus Kelompok Fungsional Lansia Sinode GMIM periode 2027-2027 ini, Liow dan Malonda dikenal sebagai figur publik yang kaya akan ide dan gagasan cemerlang serta memiliki spirit kepemimpinan yang mumpuni dan membumi.

Ketika masih menjabat Sekretaris Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2005-2010 dan 2010-2014, Liow telah mencetuskan ide pembentukan Panji Yosua P/KB GMIM.

"Namun ide pembentukan Panji Yosua baru terwujud di periode pelayanan 2014-2018, di masa kepemimpinan Liow dan Malonda bersama jajarannya," imbuh Tumilaar.

Ungkapan syukur dan  apresiasi atas dilantiknya Malonda sebagai Pimpinan Bawaslu RI, dikemukakan pula oleh sejumlah mantan personil Komisi P/KB Sinode GMIM Periode 2014-2018.

Diantaranya Asisten Bendahara Pnt. Ir. Joppi Lengkong, Wakil Sekretaris Pnt. Dr. Hermanus Bawuoh, dan Panglima Panji Yosua Pnt. Brian Janny Waleleng, SH. 

"Kami turut merasa bangga dan bersyukur kepada Tuhan atas prestasi yang berhasil dicapai rekan kami, Herwyn Malonda. Seperti Senator Liow, Malonda kini akan berkiprah pula di panggung politik nasional," ujar Lengkong, Bawuoh, dan Waleleng.

Senator Stefanus Liow yang kini menjabat Anggota DPD RI/MPR RI dari Dapil Sulut juga turut mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Dr. Herwyn Jefler Hielsa Malonda, SH, M.Pd sebagai Pimpinan Bawaslu RI Periode 2022-2027.

"Ini tidak lepas dari buah-buah kerja pelayanan yang tulus dan independen melayani tanpa perbedaan status sosial, etnis, apalagi warna warni politik," pungkas Liow. 

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi melantik lima pimpinan Bawaslu dan tujuh pimpinan KPU periode 2022-2027, di Istana Negara Jakarta, Selasa (12/4/2022). 

Kelima pimpinan Bawaslu terpilih periode 2022-2027 terdiri dari Rahmat Bagja, Puadi, Totok Haryono, Herwyn Jefler H Malonda, dan Lolly Suhenty.

Rahmat Bagja merupakan lulusan Utrecht University, Belanda, dan dia adalah pimpinan Bawaslu periode 2017-2022. 

Puadi adalah lulusan program Doktoral Ilmu Politik di Universitas Nasional. Sebelumnya, ia adalah Anggota Bawaslu DKI Jakarta sejak 2017. 

Presiden Jokowi saat melantik 5 Pimpinan Bawaslu RI dan 7 Pimpinan KPU Periode 2022-2027. (foto: Ist)

Selanjutnya Totok Haryono merupakan anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan Herwyn Malonda, pria kelahiran Minahasa, adalah lulusan Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Brawijaya Malang yang juga Anggota Bawaslu Sulawesi Utara sejak Tahun 2012. 

Terakhir, satu-satunya srikandi yang terpilih di Bawaslu RI adalah Lolly Suhenty. 

Dia merupakan aktivis perempuan yang sebelumnya menjabat Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat sejak tahun 2018. 

Sementara, tujuh anggota KPU terpilih yang juga dilantik Presiden Jokowi yakni Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Melaz. (Simon)