Polres Minsel Respon Cepat Lakalantas Truk Kontainer, Arus Lalin di Munte Kini Lancar - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Polres Minsel Respon Cepat Lakalantas Truk Kontainer, Arus Lalin di Munte Kini Lancar

 

Petugas Sat Lantas dipimpin Kasat Lantas Polres Minsel AKP Hadi Siswanto, SIK, MH langsung turun mengamankan TKP. (foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Kendaraan truk kontainer merk Hino Tractor warna putih bernomor polisi DB 8399 CK tergelincir dan mengalami kecelakaan lalulintas (lakalantas) di tikungan Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di Desa Munte, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), pada Rabu (20/04/2022) sekira pukul 16.30 WITA.

Kendaraan truk kontainer ini dikemudikan oleh Charles Mumek (53), warga Kelurahan Girian Atas, Kota Bitung.

Truk kontainer bergerak dari arah Amurang hendak menuju Manado. 

Saat melintasi jalan tikungan yang juga tanjakan di Tempat Kejadian Perkara (TKP), kendaraan tersebut hilang kendali, terhenti, dan kemudian tergelincir mundur.

Akibatnya, truk kontainer itu menabrak kendaraan yang ada di belakangnya, jenis Toyota Avanza nomor polisi DM 1459 ED, yang dikemudikan oleh Supriyanto (33), warga Provinsi Gorontalo.

Kedua kendaraan saling berbenturan dan terbalik menutupi sebagian besar badan jalan yang mengakibatkan antrian kemacetan lalulintas yang cukup panjang selang kurang lebih 5 jam.

Setelah menerima informasi mengenai kejadian tersebut, puluhan personel gabungan piket fungsi Polres Minsel langsung mendatangi lokasi kejadian.

Setibanya di TKP, petugas segera melakukan pengamanan, penjagaan, pengaturan hingga rekayasa arus lalulintas serta berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel.

Rekayasa lalulintas dilakukan untuk arah kendaraan dari arah Amurang menuju Manado, melalui Tomohon.

Sementara untuk kendaraan yang datang dari arah Manado, diberlakukan buka tutup arus. 

"Selain itu, dilakukan pula pengamanan dan penjagaan di area TKP. Kami juga menghubungi Balai Jalan Kementerian PUPR," terang Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, SIK kepada wartawan.

Tak berselang lama, alat berat untuk proses evakuasi didatangkan dengan dikawal langsung oleh personel Sat Lantas dipimpin Kasat Lantas Polres Minsel AKP Hadi Siswanto, SIK, MH.

Hingga tengah malam proses evakuasi dilakukan terhadap kendaraan truk kontainer, dan sekira pukul 00.00 WITA, arus lalulintas berangsur kembali normal.

"Terima kasih kepada pihak pemerintah daerah, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Minsel, dan masyarakat yang telah membantu proses evakuasi ini," imbuh Kapolres Minsel.

Kepada pengguna kendaraan bermotor yang melintas di Jalan Trans Sulawesi, khususnya di wilayah Desa Munte-Maruwasey, diingatkan untuk waspada dan hati-hati mengingat kondisi jalan tanjakan, turunan, serta beberapa tikungan tajam.

"Harus ekstra hati-hati dan waspada. Sopir harus fokus, fit, dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Baik mesin maupun sistem pengeremannya," imbau mantan Kasubbid Paminal Polda Lampung ini. (Simon)