80 Catar Akpol T.A 2022 Ikut Tes Psikologi, 55 Lulus dan Bakal Ikut Tes Akademik - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

80 Catar Akpol T.A 2022 Ikut Tes Psikologi, 55 Lulus dan Bakal Ikut Tes Akademik

 

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, S.IK. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO – Panitia Daerah (Panda) Seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri Tahun Anggaran (TA) 2022 Sulawesi Utara (Sulut), telah melaksanakan Tes Psikologi terhadap puluhan Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol), pada 28 Mei 2022.

Tes yang digelar di SMAN 9 Manado tersebut, diikuti 80 Calon Taruna/Taruni Akpol T.A 2022. 

Tes Psikologi untuk seleksi penerimaan Taruna/Taruni Akpol T.A 2022 ini diikuti 80 peserta. 

Hasilnya, dari 80 orang peserta, hanya 55 orang yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS). 

"55 Catar Akpol yang lulus Tes Psikologi terdiri dari 46 pria dan 9 wanita. Sisanya, 25 orang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS)," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, S.IK ketika dikonfirmasi wartawan, Selasa (31/05/2022).

Menurut mantan Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, 55 Catar Akpol yang telah lulus Tes Psikologi masih akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yakni Tes Akademik. 

Tes Akademik meliputi Pengetahuan Umum, Wawasan Kebangsaan, Matematika dan Bahasa Indonesia.

"Tes Akademik direncanakan akan dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 3 dan 4 Juni 2022, di SMAN 9 Manado," jelas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Sehari sebelum hari H, yakni tanggal 2 Juni 2022, para peserta akan mengikuti geladi resik.

Sekedar tambahan informasi, Panda Seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2022 Sulut, juga telah dan sedang menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani (Kesjas) terhadap para Calon Siswa (Casis) Bintara.

Tes Kesjas digelar di lapangan KONI Sario, Manado, sejak tanggal 24 dan 25 Mei, kemudian dilanjutkan tanggal 27 hingga hari terakhir 31 Mei 2022.

Tes Kesjas diikuti oleh 1.043 Casis Bintara terdiri dari 796 Casis Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), 202 Casis Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus), dan 45 Casis Bintara Brimob.  

Proses seleksi terdiri dari Tes Kesjas A dan B. Tes Kesjas A yakni lari 12 menit mengelilingi lapangan KONI Sario.

Sementara Tes Kesjas B terdiri dari pull up (pria) dan chinning up (wanita), sit up, push up dan shuttle run atau lari membentuk angka 8.

Usai Tes Kesjas A dan B, dilanjutkan dengan Tes Renang dan Antropometrik atau pemeriksaan penampilan dan postur tubuh. 

Proses seleksi ini turut diawasi secara ketat oleh Tim Pengawas Internal yakni Inspektorat Pengawas Daerah (Itwasda) Polda Sulut, dibantu pengamanan dari Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Sulut.

Pengawasan ketat dilakukan untuk memastikan proses rekrutmen berjalan dengan baik dan obyektif, serta sudah sesuai dengan prinsip Penerimaan Polri yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH). (Simon)