Dipimpin Plh Sekda Lumingkewas, Pemkab Minsel Peringati Harkitnas ke-114 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Dipimpin Plh Sekda Lumingkewas, Pemkab Minsel Peringati Harkitnas ke-114

Plh Sekda Minsel Drs. Benny V. J. Lumingkewas bertindak sebagai Pembina Apel pada Peringatan Harkitnas ke-114 di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) memperingati Hari Kebangkitan Nasional  (Harkitnas) ke-114 yang digelar di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel, Jumat (20/05/2022).

Peringatan Harkitnas ke-114 Tahun 2022 ini mengangkat tema 'Ayo Bangkit Bersama'.

Pada kesempatan itu, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Minsel Drs. Benny Ventje Johan Lumingkewas bertindak selaku Pembina Apel.

Plh Sekda Lumingkewas juga membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) Johnny Gerard Plate.

Menkominfo Johnny Gerard Plate dalam sambutannya mengatakan, 

tema 'Ayo Bangkit Bersama' sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir ini.

"Harkitnas merupakan momentum bagi kita sebagai bangsa yang besar untuk bersama mengibarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang turut berefek di segala sendi kehidupan," ujar Menkominfo sebagaimana dikutip Plh Sekda Lumingkewas.

 Plh Sekda Minsel Drs. Benny V. J. Lumingkewas foto bersama sejumlah pejabat teras Pemkab Minsel. (Foto: Ist)

Menkominfo berharap, momen peringatan Harkitnas 2022 tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja. 

Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, ia mengajak kita sejenak menelaah sisi historis di balik peringatan Harkitnas.

Pada tanggal 20 Mei 1948 Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkit Nasionalisme Indonesia. 

Di masa itu, terdapat ancaman antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. 

"Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa," jelas Menkominfo.

Ia pun berharap, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. 

"Di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa," tandasnya.

Di akhir sambutannya, Menkominfo mengutip ucapan Dr. Sutomo yang mengatakan, "Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu pula kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga".

Ditegaskannya, di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo. 

"Peringatan Harkitnas tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19, dan juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, dunia pulih bersama. Ayo bangkit lebih kuat," seru Menkominfo RI Johnny Gerard Plate sebagaimana dikutip Plh Sekda Lumingkewas.

Para pejabat eselon II dan III serta Camat sedang mengikuti Apel Peringatan Harkitnas ke-144. (Foto: Ist)

Turut hadir dalam apel peringatan Harkitnas ke-114 ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minsel, Frangky Tangkere, SP, M.Si, dan Asisten Administrasi Umum merangkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Minsel Arthur Donald Tumipa, M.Ed.

Hadir pula sejumlah pejabat eselon II dan III, para Camat, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Minsel. (Simon)