Kahiking Sebut LBH Manado Siap Dampingi Wisudawan Yang Protes Pungli Unsrat - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kahiking Sebut LBH Manado Siap Dampingi Wisudawan Yang Protes Pungli Unsrat

Tangkapan layar aksi protes wisudawan terkait dugaan pungli di Unsrat Manado (Foto: Ist)

Sulut24.com, MANADO - Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH-YLBHI) Kota Manado Frank Tyson Kahiking memberikan apresiasi atas aksi protes dugaan pungutan liar (Pungli) di kampus Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado yang dilakukan salah seorang wisudawan sarjana pertanian dalam acara Wisuda Tahun 2022 yang digelar di Auditorium Unsrat pada 25 Mei 2022. 

Dirinya menilai aksi tersebut merupakan langkah berani untuk menyampaikan realita atau kondisi Unsrat yang saat ini belum terbebas dari persoalan pungli. 

“Aksi kecil yang dibuat wisudawan tersebut merupakan kritik sebagai bagian atau hak setiap orang untuk berpendapat sebagaimana dijamin dan dilindungi dalam UUD 45 dan UU HAM,” tutur Kahiking, Kamis (26/5/2022). 

Berkaitan dengan kritikan itu, Direktur LBH Manado mendorong pihak Unsrat agar segera mengeluarkan keputusan atau  kebijakan terkait pemberantasan pungli. 

“Unsrat harus proaktif dalam merespon kritik persoalan pungli, dan diminta untuk tidak mengintimidasi siapapun untuk berhenti menyuarakan persoalan pungli yang ada di Unsrat, serta menghormati hak setiap orang untuk berpendapat sebagaimana diatur dan diajamin dalam undang-undang,” ujarnya. 

Kahiking memastikan bahwa LBH Manado siap mengawal dan mendampingi wisudawan yang melakukan aksi protes pungli tersebut guna memastikan bahwa tidak ada bentuk intimidasi dan diskriminasi dari pihak universitas. (fn)