Kunker ke Minsel, Tim Bappenas dan Kemenkop UKM RI Tinjau Lokasi Factory Sharing di Desa Kapitu - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kunker ke Minsel, Tim Bappenas dan Kemenkop UKM RI Tinjau Lokasi Factory Sharing di Desa Kapitu

Tim Bappenas dan Kemenkop UKM RI saat audiensi dengan Bupati dan Wakil Bupati Minsel didampingi Sekretaris Daerah dan instansi terkait. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM RI) melakulan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (18/05/2022).

Kunker tersebut dalam rangka pemantauan Major Project Pengelolaan Terpadu UMKM di Provinsi Sulut, khususnya di Kabupaten Minsel.

Tiba di Kabupaten Minsel, rombongan pejabat pusat ini melakukan audiensi dengan Bupati Franky Donny Wongkar, SH, di Kantor Bupati Minsel, di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur.

Pada kesempatan itu, Bupati Franky Wongkar didampingi Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Minsel Drs. Benny V.J. Lumingkewas, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Minsel Dr. Drs. Meidy Maindoka, M.Si.

Di antara lima daerah yang akan dibangun Factory Sharing atau Tempat Produksi Bersama, Kabupaten Minsel dinilai daerah yang paling siap.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Franky Wongkar mewakili rakyat Minsel menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Minsel dalam Program Factory Sharing.

Ia pun menginstruksikan instansi terkait yakni Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Minsel untuk turut mengawasi dan mendampingi pengelolaan factory sharing tersebut.

"Tolong instansi terkait mengawasi dan mendampingi pengelolaan factory sharing tersebut, agar program ini dapat berjalan dengan baik dan sukses" pinta Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini.

Usai audiensi di ruang rapat Bupati Minsel, Tim Bappenas dan Kemenkop UKM RI didampingi Bupati Franky Wongkar, Wabup Petra Rembang dan Sekretaris Daerah Drs Benny V.J. Lumingkewas melakukan peninjauan  lokasi factory sharing, di Desa Kapitu, Kecamatan Amurang Barat.

Turut mendampingi pula Kepala Dinas Koperasi dan UKM Minsel Dr. Drs. Meidy Maindoka, M.Si, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Minsel Royke Ronald Durand, ST, MT.

Rombongan tiba di Desa Kapitu sekitar pukul 10.00 WITA, dan disambut oleh Camat Amurang Barat Drs. Hanny N.C. Kondoy dan Plt. Hukum Tua Desa Kapitu Sandra Silvana Rampisela, S.Tr.KL. 

Sekedar informasi, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki bakal membangun factory sharing di lima daerah di Indonesia pada tahun 2022 ini.

Peninjauan lokasi Factory Sharing di Desa Kapitu, Kecamatan Amurang Barat. (Foto: Ist)

Di sana akan disediakan teknologi modern agar hasil produksi UMKM mampu bersaing dan sejajar dengan produk industri.

Ada lima piloting factory sharing yang bakal dibangun yakni tempat produksi minyak atsiri di Aceh, produk kelapa dan turunannya termasuk fiber coco di Sulut, mebel di Jawa Tengah, daging sapi di Nusa Tenggara Timur, dan biofarmaka atau tanaman obat-obatan di Kalimantan Timur.

Pembiayaannya dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dan fasilitasnya akan dibangun oleh pemerintah. (Simon)