Pengamat Politik Sulut Beber Kemungkinan Penyebab Mencuatnya Isu Munaslub Golkar - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pengamat Politik Sulut Beber Kemungkinan Penyebab Mencuatnya Isu Munaslub Golkar

Ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartanto (Foto via rmolbengkulu.id)

Sulut24.com, MANADO - Pengamat Politik Sulawesi Utara DR. Ferry Liando menilai ada beberapa kemungkinan yang melatarbelakangi munculnya isu Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar untuk mengganti Airlangga Hartanto dari kursi pimpinan umum Partai Golkar saat ini. 

Dia mengatakan bahwa dalam suatu organisasi biasanya akan muncul beberapa friksi (Kelompok) dan biasanya friksi-friksi tersebut memiliki kepentingan yang  berbeda dalam mencapai suatu tujuan. 

“Golkar selama ini dikenal memiliki tiga sayap yaitu Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Soksi), Musyawarah Keluarga Gotong Royong (MKGR) dan Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro), bisa jadi kepentingan salah satu sayap tidak diakomodasi sehingga melakukan upaya kudeta  terhadap kepemimpinan saat ini,” ucap Liando, Sabtu (14/5/2022). 

Selain itu, menurutnya kemungkinan berikutnya adalah adanya kelompok-kelompok  yang  tidak setuju dengan manuver ketum Partai Golkar selama ini yang  tidak sejalan dengan kepentingan sebagain besar pengurus, baik tingkat pusat maupun daerah. 

Ia juga berpandangan bahwa pendistribusian kekuasaan yang tidak merata juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab munculnya isu Munaslub Golkar saat ini. 

“Bisa jadi karena adanya pendistribusian kekuasaan yang  tidak merata atau tidak adil bagi kader-kader  yang selama ini militan, tekun dan serius membesarkan Golkar,” tuturnya.

Liando menilai nama Airlangga sebetulnya belum begitu mengakar di Banding kader-kader  Golkar lainnya, namun karena intervensi pihak eksternal,  Airlangga kemudian  melenggang mulus sebagai ketua umum.  “Sehingga ada kelompok-kelompok  di internal yang  tidak mengakui kepemimpinnya  hingga sekarang,” tandasnya. (fn)