Gencar Lobi Pemerintah Pusat, Bupati FDW Kunjungi Kementerian PUPR-RI dan ATR/BPN - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Gencar Lobi Pemerintah Pusat, Bupati FDW Kunjungi Kementerian PUPR-RI dan ATR/BPN

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, S.H melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia  (PUPR-RI), Rabu (22/06/2022).

Ini adalah bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel di bawah pimpinan Bupati Franky Donny Wongkar, S.H dan Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th yang terus berupaya berbuat yang terbaik bagi rakyatnya. 

Terutama warga Kelurahan Bitung dan Kelurahan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang yang terdampak bencana alam abrasi Pantai Amurang.

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, S.H melakukan koordinasi secara maraton dengan pihak Kementerian PUPR-RI.

Kunker diawali dengan mengunjungi Direktorat Sumber Daya Air (SDA) dan diterima oleh Direktur Sungai dan Pantai Ir. Bob Arthur Lombogia, M.Si untuk membahas bencana alam yang terjadi di Pantai Amurang.

Selanjutnya, Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini berkunjung ke Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan dan diterima oleh Direktur Rumah Khusus Ir. Yusniewati, M.Sc untuk membahas mengenai hunian tetap bagi para korban bencana.

Pada kesempatan itu, Bupati FDW yang turut didampingi Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Minsel Royke Ronald Durand, S.T., M.T dan Kadis Perumahan dan Permukiman Kabupaten Minsel Franky Mamangkey, S.I.P menyerahkan proposal permohonan rumah khusus bagi para korban bencana.  

Usai kunker ke Kementerian PUPR-RI, Bupati FDW bersama rombongan melanjutkan kunjungan ke Direktorat Jenderal Agraria dan Tata Ruang Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan diterima oleh Direktur Andi Tenri Abeng, S.KM., M.Kes. 

Tidak hanya sampai di situ. Berkat bantuan dan difasilitasi langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Bupati FDW juga berkoordinasi dengan Ketua Komisi V DPR-RI Lasarus, S.Sos., M.Si dan Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI M.H Said Abdullah.

Hasil dari pertemuan tersebut, Ketua Komisi V DPR-RI Lasarus, S.Sos., M.Si berjanji akan berkunjung ke Provinsi Sulut dan kemungkinan juga ke Kabupaten Minsel untuk meninjau langsung masyarakat yang terdampak bencana alam. 

Seperti tak pernah kehabisan energi, berbagai upaya secara intens terus dilakukan oleh Bupati FDW selama masa tanggap darurat bencana alam di Kabupaten Minsel.

"Direncanakan, Bupati FDW bersama tim juga akan melakukan kunker ke Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK-RI) pada Kamis 23 Juni 2022 hari ini," ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Minsel Royke Mandey, S.H. 

Sesuai rencana, kedatangan Bupati FDW bersama tim pejabat dari instansi terkait akan diterima oleh Asisten Deputi Kedaruratan dan Manajemen Pasca Bencana pada Kemenko PMK-RI, Nelwan Harahap. 

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Bupati FDW sukses melobi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI yang ditandai dengan hadirnya Kepala BNPB RI Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M bersama tim dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) RI dan Kemenko PMK-RI ke lokasi bencana, pada 17 Juni 2022.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M bahkan secara simbolis telah memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) sebesar Rp500 juta dan bantuan logistik kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel yang diterima langsung oleh Bupati FDW. (Simon)