Hasil Lobi Bupati FDW, BNPB RI Siap Kucurkan Bantuan Tanggap Darurat DSP Bencana Abrasi di Amurang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Hasil Lobi Bupati FDW, BNPB RI Siap Kucurkan Bantuan Tanggap Darurat DSP Bencana Abrasi di Amurang

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH bersama Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setiawan, S.IP. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Pasca bencana alam abrasi pantai di kawasan Boulevard Amurang, Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH langsung bergerak cepat dengan melakukan kunjungan kerja ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Jakarta, Kamis (16/06/2022).

Kedatangan Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini diterima langsung oleh Deputi III Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setiawan, S.IP dan Direktur Direktorat Dukungan Sumber Daya Darurat, Dr. Rustian, S.Si, APT, M.Kes.

Pada kesempatan itu, Bupati FDW menyerahkan proposal permohonan bantuan Dana Siap Pakai (DSP), Surat Keputusan (SK) Penetapan Status Keadaan Darurat Bencana, dan SK Pembentukan Pos Komando Penanganan Darurat Bencana terkait bencana abrasi pantai yang terjadi di Kabupaten Minsel. 

Dalam kunjungan tersebut, Deputi III BNPB Mayjen TNI Fajar Setiawan merespon baik maksud kedatangan Bupati FDW.

Bahkan, Setiawan memastikan akan menindaklanjuti proposal permohonan bantuan yang telah diserahkan. 

Bahkan, kedatangan Bupati FDW direspon dengan cepat oleh pimpinan BNPB.

Wujud dari kepedulian dan respon cepat dari pimpinan BNPB, maka pada Jumat (17/06/2022) hari ini Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos, M.M akan berkunjung langsung dan turun ke lokasi bencana abrasi Pantai di Amurang, Kabupaten Minsel.

Direncanakan, dalam kunjungan kerja tersebut Kepala BNPB akan turut didampingi Deputi III BNPB, Kakordalops beserta segenap jajaran.

Bakal turun pula meninjau lokasi bencana, Kepala Pusat Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) RI, dan Kordinator Kedaruratan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI.

Para pejabat negara ini akan meninjau lokasi bencana serta melihat langsung masyarakat yang terdampak dan menjadi korban bencana alam tersebut.

 Bupati FDW sedang bercakap-cakap dengan Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setiawan, S.IP dan Direktur Direktorat Dukungan Sumber Daya Darurat, Dr. Rustian, S.Si, APT, M.Kes. (Foto: Ist)

"Selain itu, mereka juga akan menyerahkan bantuan tanggap darurat DSP secara simbolis dan bantuan logistik lainnya;" ungkap Bupati FDW melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minsel, Royke Mandey, SH kepada wartawan.

Mandey menambahkan, pada saat terjadi bencana,  Kepala BNPB juga telah menugaskan Tim Reaksi Cepat BNPB untuk turun ke lokasi bencana abrasi pantai di Amurang. 

"Ini bukti konkrit bahwa Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH sukses melobi pimpinan BNPB terkait bencana alam abrasi pantai di Kecamatan Amurang. Terbukti para petinggi BNPB langsung merespon cepat proposal yang diajukan oleh Bapak Bupati, bahkan menyatakan siap turun ke lokasi bencana," tandas Mandey. (Simon)