Hibahkan Lahan 5 Hektar Untuk Relokasi Korban Bencana Amurang, Wagub Kandouw Tuai Apresiasi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Hibahkan Lahan 5 Hektar Untuk Relokasi Korban Bencana Amurang, Wagub Kandouw Tuai Apresiasi

Wagub Sulut Drs. Steven O. E Kandouw bersama Bupati Minsel sedang meninjau lahan yang akan dijadikan areal relokasi korban bencana alam di Amurang. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) sungguh beruntung punya sosok pemimpin daerah yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan benar-benar berjuang demi rakyatnya.

Apalagi sampai rela menyumbangkan harta miliknya kepada sesama yang membutuhkan pertolongan. 

Itulah yang dilakukan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Drs. Steven Octavianus Estefanus Kandouw. 

Untuk meringankan beban penderitaan warga yang terdampak bencana alam di Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel),  Wagub Kandouw langsung lakukan aksi kemanusiaan yang nyata. 

Sebagai wujud rasa empati dan simpati, mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut ini menyumbangkan lahan miliknya seluas 5 hektar.

Hal ini dilakukannya karena ia merasa sangat prihatin dengan nasib ratusan warga Amurang yang telah kehilangan tempat tinggal beserta seluruh harta benda akibat bencana alam yang terjadi pada 15 Juni 2022 lalu.

Lahan tersebut disumbangkan untuk relokasi para korban bencana alam asal Kelurahan Uwuran Satu dan Kelurahan Bitung, Kecamatan Amurang. 

Lahan relokasi ini terletak di Kelurahan Rumoong Bawah, Kecamatan Amurang Barat.

Selain menghibahkan lahan pribadinya, Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Sulut ini juga telah memperjuangkan dana hibah senilai Rp8 miliar untuk pembuatan sekaligus pengaspalan jalan menuju ke areal relokasi. 

 Anggota DPRD Sulut Sandra S. Rondonuwu, S.Th., S.H. (Foto: Ist)

Anggaran hibah ini bahkan sudah ditransfer ke rekening Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel. 

Aksi kemanusiaan ini pun menuai apresiasi dari berbagai elemen masyarakat Minsel. 

"'Ketulusan hati seorang Wagub Pnt. Steven Kandouw. Tanah 5 hektar milik beliau di Rumoong Bawah Minsel, disumbangkan untuk relokasi 250 KK yang menderita akibat korban bencana alam," tulis Anggota DPRD Provinsi Sulut Sandra S. Rondonuwu, S.Th., S.H lewat unggahan di media sosial.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulut ini menuturkan, selain menghibahkan tanahnya, Wagub Kandouw juga mendorong dilakukannya pengaspalan jalan selebar 8 meter.

"Sekalian juga akan diadakan pengaspalan jalan selebar 8 meter," tulis politisi PDIP Sulut ini.

Dalam postingan di akun Facebook, wakil rakyat yang akrab disapa Saron ini menambahkan, tim Komisi V DPR-RI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kamis depan datang.

"Harus direlokasi 250 KK. Syaratnya harus ada tanah. Biar jo kita pe tanah. Kasiang dorang," imbuh Saron mengutip pernyataan Wagub Kandouw via Whatsapp (WA).

Apresiasi juga datang dari dua tokoh agama di Kabupaten Minsel yakni Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Minsel, Pdt. Stien Rondonuwu, M.Th, dan Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kabupaten Minsel, Pdt. Esther Esra Assa, M.Th.

"Salut dan apresiasi atas kepedulian sosial dan perhatian besar pak Wagub Steven Kandouw. Warga Minsel, apalagi para korban bencana alam di Amurang, tidak akan pernah melupakan kebaikan hati pak Wagub," ujar Pdt. Rondonuwu yang juga menjabat Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Amurang Tiga.

Ia pun mendoakan Wagub Kandouw dan keluarga semakin diberkati oleh Tuhan Yesus Kristus.

Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) GMIM 'Setia Kudus' Pondang ini pun menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Minsel dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut yang saling bersinergi dan proaktif dalam melobi pemerintah pusat untuk mendatangkan bantuan bagi para korban bencana.   

"Tuhan Yesus Kristus kiranya juga memberi kekuatan kepada ratusan warga yang terdampak bencana alam tersebut. Semoga mereka tetap semangat, kuat dan tabah, serta senantiasa menaruh pengharapan kepada Tuhan Yesus Kristus," tambah Pdt. Rondonuwu yang kini telah dipromosi menjabat Kordinator Bidang Pekerja dan Pelayan Khusus (Pelsus) Sinode GMIM ini.

Ungkapan senada disampaikan pula oleh Ketua BKSAUA Kabupaten Minsel, Pdt. Esther Esra Assa, M.Th.

Ketua BPMW Amurang Dua ini menegaskan, benih kebaikan yang telah ditabur oleh Wagub Kandouw pasti akan diperhitungkan oleh Tuhan Yesus Kristus. 

 Ketua FKUB Minsel Pdt. Stien Rondonuwu, M.Th, dan Ketua BKSAUA Minsel, Pdt. Esther Esra Assa, M.Th bersama Wakil Bupati Minsel. (Foto: Ist)

Dan sesuai janji firman Tuhan, lanjut Pdt. Assa, orang yang menabur kebaikan pasti akan menuai pula kebaikan dan kasih setia Tuhan.

"Kami berdoa kiranya Tuhan Yesus Kristus terus memakai pak Wagub Steven Kandouw dan keluarga menjadi saluran berkat bagi banyak orang," kata Ketua BPMJ GMIM 'Efata' Rumoong Bawah ini. (Simon)