Pemkab Minsel-PT PLN (Persero) UP3 Manado dan Kotamobagu Jalin Kerja Sama - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pemkab Minsel-PT PLN (Persero) UP3 Manado dan Kotamobagu Jalin Kerja Sama

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH melaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Kabupaten (Pemlab) Minsel dengan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado dan UP3 Kotamobagu tentang pemungutan dan penyetoran Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan pembayaran rekening listrik Pemkab Minsel.

Penandatanganan kesepakatan bersama dan PKS dilakukan di ruang rapat Bupati Minsel, Kamis (02/06/2022).

Pelaksanaan PKS ini bertujuan untuk menjamin kelancaran penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Minsel yang bersumber dari PPJ, dan demi menjamin kelancaran pelunasan rekening listrik Pemkab Minsel.

Tujuan lainnya yakni meningkatkan efisiensi pembayaran rekening listrik melalui meterisasi Penerangan Jalan Umum (PJU), serta melakukan pengawasan dan penertiban PJU ilegal.

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH pada kesempatan itu memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada PT. PLN (Persero) UP3 Manado dan UP3 Kotamobagu atas pelaksanaan kerja sama ini.

Kepala Daerah yang akrab disapa FDW ini berharap kerja sama tersebut dapat langsung diaktualisasikan guna menjawab kebutuhan masyarakat akan penerangan jalan, dengan tetap menjaga efisiensi energi dan optimalitas PAD.

Ia juga memohon dukungan dari PT. PLN (Persero) UP3 Manado dan UP3 Kotamobagu dalam upaya bersama menjaga stabilitas jaringan dan pasokan listrik bagi masyarakat dan kalangan industri di Kabupaten Minsel. 

"Terlebih dengan potensi gangguan jaringan listrik akibat tidak menentunya keadaan cuaca, faktor alam dan keadaan tertentu lainnya yang dapat berpengaruh terhadap kehidupan dan ekonomi masyarakat," tutur Bupati FDW.

Kepada instansi terkait, ia meminta agar dapat segera melakukan upaya-upaya dalam memperbaiki, menertibkan dan mengoptimalkan PJU sesuai ketentuan yang berlaku, agar manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat. 

"Selain menunjang keamanan dan ketertiban, keberadaan PJU juga dapat mempercantik wajah Minsel dan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi sebagaimana salah satu visi kita, yakni mewujudkan kemandirian ekonomi melalui sektor agribisnis dan pariwisata," pungkas mantan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dari Dapil Minsel-Mitra 3 periode ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Minsel Glady Nova Lynda Kawatu, SH, M.Si, para Asisten, dan Kepala Dinas/Badan di jajaran Pemkab Minsel.

Sementara dari pihak PT PLN (Persero) Manado Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (UIW Suluttenggo), tampak hadir Manager UP3 Manado Edy Saparta beserta jajaran, dan Manager UP3 Kotamobagu Dasih Listyanto beserta jajaran. (Simon)