Salurkan Bantuan, Kapolda Sulut Pantau Lokasi Bencana Abrasi di Amurang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Salurkan Bantuan, Kapolda Sulut Pantau Lokasi Bencana Abrasi di Amurang

Kedatangan Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, S.H, M.M disambut hangat oleh Penjabat Sekda Minsel Glady Nova Lynda Kawatu, SH, M.Si. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Bencana alam akibat abrasi Pantai Amurang yang menghanyutkan puluhan rumah penduduk dan merusak sejumlah fasilitas publik di perbatasan Kelurahan Bitung dan Uwuran Satu, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), menyita perhatian sekaligus mengundang simpati banyak kalangan.

Sebagai wujud kepedulian sosial, Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, S.H, M.M didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Mila Mulyatno melakukan kunjungan sekaligus pemantauan langsung di lokasi bencana, Kamis (16/06/2022) siang.

Setibanya di Amurang, Kabupaten Minsel, Kapolda Sulut beserta rombongan langsung mengunjungi lokasi posko tanggap darurat bencana yang bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Lewet, Kecamatan Amurang.

Dalam lawatan ke Kabupaten Minsel kali ini, Irjen Pol Mulyatno turut didampingi sejumlah Pejabat Utama Polda Sulut.

Di antaranya Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Kombes Pol Tedjo Dwikora, S.H, Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Kombes Pol Drs. R. Wawan Wirawan, S.H, Kepala Bidang (Kabid) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kombel Pol Darwanto, S.I.K, dan Kabid Humas Kombes Pol Jules Abraham Abast, S.I.K.

Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, S.H, M.M dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Mila Mulyatno menyerahkan paket bantuan kepada Pemkab Minsel untuk diteruskan kepada para korban bencana alam. (Foto: Sulut24/Simon)

Setibanya di lokasi posko tanggap darurat di BPU Kelurahan Lewet, Irjen Pol Mulyatno disambut hangat oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Minsel Glady Nova Lynda Kawatu, S.H, M.Si, Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, S.I.K, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minsel Budi Hartono, S.H, M.Hum, dan sejumlah pejabat teras di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel.

Setelah bercakap-cakap sejenak dengan Penjabat Sekda Minsel Glady Kawatu dan Camat Amurang Roommy Rumagit, S.Sos, Irjen Pol Mulyatno lalu menyapa dan berinteraksi langsung dengan sejumlah warga yang terdampak bencana alam.

Usai berdialog sembari  memberikan kata-kata penghiburan dan semangat kepada para korban bencana alam, mantan Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 ini kemudian menyerahkan paket bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel.

"Ini sebagai bentuk empati dan simpati kami terhadap masyarakat Minsel yang sedang ditimpa musibah bencana alam. Apalagi banyak warga yang kehilangan tempat tinggal. Semoga paket bantuan ini dapat meringankan beban para korban bencana," ujar Irjen Pol Mulyatno sembari secara simbolis menyerahkan paket bantuan kepada perwakilan pejabat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minsel.

Sementara Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Mila Mulyatno menyerahkan paket bantuan yang diterima langsung oleh Penjabat Sekda Minsel Glady Kawatu.

Perwakilan Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut juga menyerahkan paket bantuan yang diterima oleh Kepala BPBD Kabupaten Minsel, Thorie Recky Joseph, SH, MM.

Pada kesempatan itu, Irjen Pol Mulyatno memastikan bahwa pihak kepolisian, dalam hal ini jajaran Polres Minsel, akan tetap melakukan pengamanan di sekitar areal lokasi bencana.

"Sebab kita tidak tahu apakah bencana abrasi ini masih akan terus terjadi atau sudah berakhir. Karena itu, masyarakat yang tinggal di pinggiran pantai diharapkan tetap waspada dan menjauhi lokasi bencana," imbau mantan Kapolres Aceh Utara dan Wakapolres Metro Jakarta Selatan ini.

Sementara itu, atas nama Pemkab dan masyarakat Minsel, Penjabat Sekda Minsel Glady Kawatu menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno.

"Atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) dan segenap masyarakat Minsel, kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Kapolda Sulut atas bantuannya," tutur Glady Kawatu.

Irjen Pol Mulyatno dan rombongan kemudian bertolak menuju lokasi bencana di kawasan Jalan Boulevard, tak jauh dari lokasi Jembatan Ranowangko Dua yang telah amblas dan lenyap ditelan laut.

Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, S.H, M.M didampingi Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, S.I.K dan Kajari Minsel Budi Hartono, S.H, M.Hum sedang memantau lokasi bencana abrasi. (Foto: Sulut24/Simon)

Sembari melihat langsung kondisi terkini pasca bencana alam abrasi Pantai Amurang di lokasi kejadian, Perwira Tinggi (Pati) Polri asal Pemalang, Jawa Tengah tersebut terus menggali informasi dari Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, S.I.K.

Sebelum bertolak kembali ke Manado, Irjen Pol Mulyatno dan rombongan dijamu santap siang oleh Penjabat Sekda Minsel Glady Kawatu, di salah satu rumah makan di wilayah Kecamatan Amurang Timur. (Simon)