Maxtech dan BUMDES Karegesan Gelar Pelatihan Operator Alat Berat Jenis Excavator - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Maxtech dan BUMDES Karegesan Gelar Pelatihan Operator Alat Berat Jenis Excavator

Anggota DPRD Minahasa Utara Edwin Kambey Memasang Rompi Peserta (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Karegesan bekerja sama dengan Maxtech, Jumat (1/7/2022) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Operator Excavator.

Pelatihan tersebut dipusatkan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Karegesan.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Bupati Minahasa Utara Joune Ganda yang diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnker) Edwin Ombuw.

Kadis Edwin Ombuw dalam sambutannya merespon baik kegiatan pelatihan ini yang disponsori langsung oleh Maxtech dan BUMDES Karegesan.

Menurutnya kegiatan ini melatih para calon tenaga kerja untuk mendapatkan ketrampilan bagaimana menggunakan alat berat seperti excavator.

Diera globalisasi seperti saat ini persaingan untuk mendapatkan lapangan kerja cukup ketat. Para tenaga kerja harus dituntut memiliki skill atau ketrampilan.

 Kepala Dinas Tenaga Kerja Edwin Ombuw Mengalungkan Kartu Tanda Peserta (Foto: Ist)

"Tidak memiliki keahlian sudah pasti tidak diterimah dalam sebuah perusahaan," ujar Kadis Edwin Ombuw.

Menurut Kadis Edwin Ombuw kegiatan ini cukup baik, selain memberikan pelatihan, dapat juga mengurangi angka pengangguran.

Salah satu anggota DPRD Minahasa Utara Edwin Kambey SIP mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, ketrampilan para calon tenaga kerja yang ada di Minahasa Utara dan sekitarnya,  agar bisa bersaing pada bursa tenaga kerja.

“Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi para calon tenaga kerja agar mereka bisa bersaing pada bursa kerja dimana pun mereka melamar pekerjaan, karena mereka sudah memiliki skil yang bisa dihandalkan," ujar Edwin Kambey Anggota DPRD Minut Asal Desa Karegesan.

Para peserta nantinya dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan pelatihan ini dengan baik, hingga mereka kembali dengan bekal kompetensi yang mereka dapatkan.

Menurutnya hasil dari pelatihan ini, para pemuda nantinya akan memiliki peluang memenuhi kebutuhan operator alat barat jenis Eksevator disemua perusahaan yang ada.

Edwin Kambey menegaskan untuk instruktur dalam kegiatan pelatihan ini sudah berpengalaman dan sudah mengantongi sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

"Para instruktur dalam kegiatan pelatihan ini sudah profesional mereka berpengalaman didalam membongkar dan merakit engine alat berat bersertifikat BNSP," ujarnya.

Sementara itu Direktur BUMDES Desa Karegesan Meity Makadada mengatakan kegiatan pelatihan ini diikuti 24 peserta.

Anggota DPRD Minahasa Utara Edwin Kambey, Kadis Tenaga Kerja Edwin Ombuw, Direktur BUMDES , Hukum Tua,  BPD dan Peserta Kegiatan Pelatihan (Foto: Ist)

Pelatihan ini dilaksanakan selama satu bulan dengan pembagian jam kegiatan pelatihan, dimana dua minggu belajar teori dan dua minggu praktek.

Hadir dalam pembukaan kegiatan pelatihan alat berat jenis excavator tersebut Hukum Tua Desa Karegesan, BPD, BKSUA, Tokoh Masyarakat dan Undangan lainnya. (Joyke)