Komisi I Gelar Raker Mitra Kerja Bahas Program dan Penyelesaian Masalah Irban dan Sekolah - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Komisi I Gelar Raker Mitra Kerja Bahas Program dan Penyelesaian Masalah Irban dan Sekolah

 

Ketua Komisi I DPRD Minahasa Utara Cynthia Erkles (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Utara Selasa (2/8/2022) memanggil beberapa mitra kerjanya seperti Dinas Pendidikan dan Badan Inspektorat.

Rapat kerja (Raker) Komisi I ini membahas langkah-langkah penyelesaian permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 5 Paputungan yang gedung sekolahnya rusak parah dan tidak pernah tersentuh anggaran proyek dan kemudian terkait penonaktifan dua oknum Irban Inspektorat yang diduga memintah uang kepada Hukum Tua.

Ketua Komisi I DPRD Minahasa Utara Cynthia Erkles menjelaskan  untuk sekolah yang ada di Desa Paputungan  sudah ada jalan keluarnya dan pihak Dinas Pendidikan Minut telah berjanji menyiapkan anggaran untuk memperbaiki sekolah tersebut.

Sementara itu terkait penonaktifan dua Irban Inspektorat masih sementara proses pemeriksaan dan bilamana mereka terbukti melakukan pelanggaran sudah pasti jabatan mereka tidak bisa dikembalikan dan tentunya harus ada persetujua dengan gubernur.

"Kasus ini masih sementara berproses kalau memang terbukti melakukan pelanggaran akan dikenakan sangsi dan kalaupun dalam pemeriksaan tidak terbukti maka jabatan mereka dikembalikan," ujar Erkles.

Srikandi Minahasa Utara ini menambahkan selain membahas langkah-langkah penyelesaian permasalahan diatas, Rapat Kerja Komisi I dengan mitra kerja membahas program kerja sekaligus evaluasi kegiatan yang sudah dilakukan ditahun 2022 ini.


"Kami meminta laporan program kegiatan pada tahun 2022 yang telah dilaksanakan sebagai bagian dari pengawasan oleh Komisi I agar pembangunan di Kabupaten Minahasa Utara bisa berjalan dengan baik," jelasnya.

Hadir dalam Rapat Kerja Komisi I DPRD Minahasa Utara Wakil Ketua  Komisi I Gerrit Luntungan, Djafar Efendi Moha,  Edwin Kambey, Joseph Dengah dan Haji Azhar. Sedangkan pihak Dinas Pendidikan dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan Olvie Kalengkongan sedangkan Badan Inspektorat dihadiri langsung Inspektur Umbase Mayuntu.(Joyke)