Tutup ASEAN Para Games 2022, Jokowi Didampingi Cucu Pertama - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Tutup ASEAN Para Games 2022, Jokowi Didampingi Cucu Pertama

 Presiden Joko Widodo menghadiri upacara penutupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, didukung oleh cucu pertama, Jan Ethes, Sabtu (6/8/2022). (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Sulut24.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi menutup ASEAN Para Games 2022 dalam upacara penutupan di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (6/8/2022) malam. Sesuai tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi menghadiri upacara penutupan bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan cucu pertama mereka, Jan Ethes. 

"Dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT, alhamdulillahi rabbil alamin, ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 saya nyatakan ditutup malam hari ini. Sampai jumpa di ASEAN Para Games ke-12 tahun 2023 di Kamboja," kata Jokowi saat membacakan pidato. 

Dalam pidato, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia merasa sangat bangga menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Atas nama masyarakat Indonesia, Jokowi pun menyampaikan terima kasih kepada para seluruh delegasi, terutama atlet-atlet yang telah menunjukkan sportivitas dan persaudaraan. 

"Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi," kata Jokowi. 

Ia mengatakan, solidaritas antara bangsa-bangsa ASEAN yang ditunjukan oleh para atlet akan menjadi kekuatan besar bagi ASEAN dan penyandang disabilitas. "Kita mendukung terus setiap inisiatif dari penandang disabilitas kita sukseskan ASEAN Para Games ke-12 tahun depan di Kamboja," ujar Jokowi. 

Setelah Jokowi menyelesaikan pidato, bendera ASEAN Para Sport Federation dan ASEAN PARA Games ke-11 2022 diturunkan oleh Paskibraka Surakarta. Para Sport Federation pun diserahkan kepada perwakilan Kamboja selaku tuan rumah edisi berikutnya. Acara dilanjutkan oleh pengibaran bendera Kamboja diiringi lagu kebangsaan negara tersebut. 

ASEAN Para Games 2022 berlangsung selama sepekan sejak dibuka pada Sabtu (30/7/2022) lalu oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum ASEAN Para Games 2022 setelah rangkaian cabang olahraga tuntas pada Jumat (5/8/2022). 

"Pada akhirnya telah keluar sebagai juara umum dengan perolehan 175 medali emas, 144 medali perak, 106 medali perunggu, dengan total perolehan medai 425 adalah kontingen Indonesia," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali.(fan)