Diikuti 160 Calon Hukum Tua, Pemkab Minsel Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pilhut Serentak 2022 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Diikuti 160 Calon Hukum Tua, Pemkab Minsel Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pilhut Serentak 2022

 Jelang pilhut  serentak di 42 desa di 14 kecamatan, Pemkab Minsel gelar 'Deklarasi Kampanye Damai Pilhut Serentak 2022'. (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINSEL - Jelang perhelatan akbar pesta demokrasi pemilihan hukum tua (pilhut) serentak di 42 desa di 14 kecamatan se-Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel menggelar kegiatan bertajuk 'Deklarasi Kampanye Damai Pilhut Serentak 2022', Senin (03/10/2022).

Hajatan yang diikuti para Camat, Kapolsek dan 160 calon hukum tua dari 42 desa ini, berlangsung di Aula Waleta Kantor Bupati Minsel. 

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH didampingi Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th. 

"Deklarasi kampanye damai ini sebagai langkah nyata untuk menciptakan penyelenggaraan pilhut serentak di Kabupaten Minsel yang berkualitas," tutur Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dalam sambutannya.

Adapun rangkaian kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, penayangan testimoni calon hukum tua, dan pembacaan deklarasi damai.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh Bupati Minsel dan diikuti oleh jajaran Forkopimda Minsel serta 160 calon hukum tua yang akan berkompetisi pada 12 Oktober 2022 mendatang.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, SIK mengimbau seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang di desanya akan melaksanakan pesta demokrasi pilhut agar bersama-sama menjaga stabilitas kamtibmas tetap kondusif. 

"Mari kita wujudkan pilhut yang aman, nyaman dan tertib. Kita boleh beda pilihan, tapi tetap harus menjaga persatuan dan kesatuan," imbau Kapolres Minsel. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Minsel Glady Nova Lynda Kawatu, SH, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minsel Drs. Benny Lumingkewas, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Minsel Frangky Tangkere, SP, M.Si, tokoh masyarakat dan para pemuka agama.

Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Minsel juga tampak hadir.

 Penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai oleh Bupati Minsel diikuti jajaran Forkopimda dan 160 calon hukum tua. (Foto: Ist)

Di antaranya Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, SIK, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minsel Budi Hartono, SH, M.Hum, dan perwakilan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Amurang. 

Berikut ini 42 desa di  Minsel yang akan melaksanakan pilhut serentak: 

1. Kecamatan Motoling Timur (Tokin, Karimbow Talikuran)

2. Kecamatan Ranoyapo (Mopolo Esa)

3. Kecamatan Tareran (Wiau Lapi, Tumaluntung, Tumaluntung Satu, Wuwuk, Wiau Lapi Barat, Kaneyan)

4. Kecamatan Tatapaan (Rap-rap, Popareng, Sondaken)

5. Kecamatan Tenga (Pakuweru Utara, Pakuure Tiga, Pakuweru, Tawang Timur, Tawaang, Tawaang Barat, Sapa Timur, Radey)

6. Kecamatan Suluun Tareran (Kapoya Satu)

7. Kecamatan Sinonsayang (Boyong Pante, Boyong Pante Dua, Poigar Dua, Ongkaw Tiga, Tanamon Utara, Blongko)

8. Kecamatan Motoling (Motoling Satu)

9. Kecamatan Motoling Barat (Keroit, Toyopon)

10. Kecamatan Tumpaan (Munte, Tumpaan, Tumpaan Satu)

11. Kecamatan Amurang Timur (Lopana Satu, Maliku Satu, Ritey, Kotamenara)

12. Kecamatan Amurang (Ranoketang Tua)

13. Kecamatan Amurang Barat (Teep Trans, Teep, Elusan)

14. Kecamatan Kumelembuai (Malola Satu). (Simon)