Hadiri Dialog Kebangsaan Hari Santri 2022, Dirintelkam Polda Sulut Ajarkan Kiat Menangkal Hoax - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Hadiri Dialog Kebangsaan Hari Santri 2022, Dirintelkam Polda Sulut Ajarkan Kiat Menangkal Hoax

Dirintelkam Polda Sulut Kombes Pol. Albert Sarita Marulam Sihombing sedang menyampaikan kuliah umum tentang hoax dan ekstrimisme. (Foto: Humas Polda Sulut)

Sulut24.com, MANADO – Direktur Intelijen dan Keamanan (Dirintelkam) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) Kombes Pol. Albert Sarita Marulam Sihombing menghadiri sekaligus menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Dialog Kebangsaan Hari Santri 2022 bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sulut, pada Senin (03/10/2022) malam, di Hotel Grand Whiz Manado.

Dua narasumber lainnya dalam dialog bertemakan 'Menangkal Hoax dan Ekstrimisme di Era Disrupsi Digital' ini, adalah Ketua GP Ansor Sulut Yusra Alhabsy dan Dekan FIB Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado Rosdalina Bukido, dengan peserta kurang lebih 70 orang.

Dalam sambutannya, Ketua GP Ansor Sulut menghaturkan terima kasih atas kesediaan Dirintelkam Polda Sulut untuk hadir sebagai narasumber pada dialog ini.

“Selamat datang kepada Pak Dirintelkam Polda Sulut. Terima kasih sudah berkenan hadir, dan terima kasih juga karena selama ini Ditintelkam Polda Sulut telah bekerja sama dengan baik bersama GP Ansor Sulut. Bahkan, kerja sama ini sampai ke tingkat kecamatan,” ujar Yusra Alhabsy.

Usai sambutan dilanjutkan dengan dialog dan tanya jawab, dipandu moderator Fino Mongkau. 

Dirintelkam Polda Sulut dalam kesempatan ini menyampaikan kuliah umum tentang hoax dan ekstrimisme.

Sementara Dekan FIB IAIN Manado membawakan materi terkait pergulatan akademisi dalam menangkal hoax dan extrimisme.

Adapun Ketua GP Ansor Sulut membawakan materi terkait peran pemuda di era digital.

Sejumlah pertanyaan pun muncul dari para peserta. Salah satunya, bagaimana cara masyarakat menangkal hoax.

Dirintelkam Polda Sulut Kombes Pol. Albert Sarita Marulam Sihombing foto bareng peserta Dialog Kebangsaan Hari Santri 2022 bersama GP Ansor Sulut. (Foto: Humas Polda Sulut)

Menanggapi pertanyaan tersebut, Dirintelkam menyampaikan bahwa terdapat beberapa cara untuk menangkal hoax.

“Kita harus memastikan kebenaran dan sumber informasi yang kita terima, sebelum kita menyebarluaskannya. Ini adalah salah satu cara menangkal hoax,” singkat Kombes Pol. Sihombing.

Rangkaian kegiatan dialog dan tanya jawab berjalan lancar, dan ditutup dengan sesi penyerahan piagam serta foto bersama. (Simon)