FDW-PYR Panen Kentang Program Upland Milik KT P/KB GMIM 'Sion' Pinasungkulan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

FDW-PYR Panen Kentang Program Upland Milik KT P/KB GMIM 'Sion' Pinasungkulan

Bupati FDW bersama Wabup PYR dan Plt Ketua DPRD Minsel saat panen kentang hasil program Upland di kebun milik KT P/KB GMIM 'Sion' Pinasungkulan. (Foto: Diskominfo Minsel)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH bersama Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (FDW-PYR) melakukan panen kentang hasil program Upland di Kecamatan Modoinding, Sabtu (22/10/2022).

Kegiatan panen kentang tersebut dilaksanakan di areal kebun milik Kelompok Tani (KT) Pria/Kaum Bapa (P/KB) GMIM 'Sion' Pinasungkulan.

Diketahui, program Upland merupakan kegiatan pertanian di dataran tinggi yang komprehensif dari pengembangan on-farm sampai off-farm. 

Program yang digagas oleh Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI) ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, daya inovasi serta pendapatan petani. 

Proyek Upland ini mempunyai beberapa tujuan. Salah satunya untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan petani di daerah dataran tinggi melalui pengembangan infrastruktur lahan dan air, pengembangan sistem agrobisnis dan penguatan sistem kelembagaan.

Kemudian membangun sentra pembibitan, dilengkapi dengan prasarana dan sarana budidaya benih modern.

Melalui program strategis di bidang pertanian tersebut, diharapkan terjadi peningkatan kelembagaan petani menjadi mandiri dan memiliki posisi tawar yang lebih baik, serta pengembangan pasar untuk komoditas pertanian baik domestik maupun ekspor.

Bupati FDW dalam sambutannya mengharapkan, program Upland di Kecamatan Modoinding dapat meningkatkan ekonomi masyarakat petani setempat.

Karena itu, ia meminta agar program Upland dikerjakan sebaik mungkin, karena di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hanya Kabupaten Minsel yang masuk dalam 14 kabupaten pilot project (percontohan) program Upland. 

Bupati FDW dan Wakil Bupati PYR tampak sedang panen kentang. (Foto: Diskominfo)

"Program ini adalah wujud sinergitas antara pemerintah pusat, dalam hal ini Kementan RI dengan pemerintah daerah dan para petani di daerah," tandas mantan anggota DPRD Provinsi Sulut selama tiga periode ini.

Usai membawakan sambutan, Bupati FDW bersama Wabup PYR dan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPRD Minsel Stefanus Lumowa, SE melakukan panen kentang di areal kebun milik KT P/KB GMIM 'Sion' Pinasungkulan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel.

Di antaranya, Kepala Dinas Perhubungan Vera Y. Lasut, AP, M.Si, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ir. Max Heybert Weken, dan Camat Modoinding Patrio Merdeka Tandaju, SE. (Simon)