Jadi Irup, Bupati FDW Buka Program TMMD ke-115 Tahun 2022 di Kabupaten Minsel - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Jadi Irup, Bupati FDW Buka Program TMMD ke-115 Tahun 2022 di Kabupaten Minsel

 

Bupati Minsel menyerahkan alat kerja secara simbolis kepada perwakilan Satgas TMMD dari unsur TNI. (Foto: Diskominfo Minsel)

Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH, menghadiri sekaligus bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara pembukaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Tahun Anggaran (TA) 2022 di Kabupaten Minsel, yang digelar di Lapangan Nusa Indah Desa Tondey, Kecamatan Motoling Barat, Selasa (11/10/2022).

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH dalam amanatnya mengatakan, TNI merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Melalui program TMMD ini, lanjutnya, kemanunggalan TNI dan masyarakat terwujud nyata lewat kerja sama dalam berbagai program dan kegiatan pembangunan terpadu, baik yang bersifat fisik maupun non fisik, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat.

"Menjadi kehormatan bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minsel dapat menjadi salah satu daerah pelaksanaan kegiatan TMMD di tahun ini," kata pejabat publik yang akrab disapa FDW ini.

Ia pun tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Komandan Kodim (Dandim) 1302/Minahasa beserta segenap jajaran yang ada atas perhatian, kepedulian, sumbangsih dan niat tulus dalam membangun daerah.

"Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kami segenap masyarakat Minsel, sekaligus menunjukkan betapa lekatnya TNI di tengah-tengah masyarakat Minsel," tutur Bupati FDW.

Dikatakannya, pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2020 telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalamnya tingkat kesejahteraan masyarakat. 

"Namun, kita patut bersyukur, kita telah berhasil mengendalikan penyebaran virus Covid-19. Sehingga Kabupaten Minsel hingga kini masih dalam status PPKM Level 1, sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 46 Tahun 2022," ujarnya.

Keberhasilan ini, sambungnya, dapat dijadikan momentum untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur dalam memacu pemulihan dan peningkatan ekonomi daerah. 

"Dan pelaksanaan program TMMD ini memberikan kontribusi nyata dalam upaya tersebut," imbuh mantan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara ini.

Pelaksanaan TMMD ke-115 oleh Kodim 1302/Minahasa di Kabupaten Minsel akan berfokus pada pembangunan infrastruktur berupa pekerjaan perkerasan jalan penghubung antara Jaga VII Desa Tondei/Pelita dengan Desa Tondei. 

Adapun panjang jalan yang akan dikerjakan kurang lebih 3,3 kilometer dengan melibatkan jumlah personel TNI sebanyak 125 orang yang akan bekerja bersama-sama, bergotong royong dan bahu-membahu bersama masyarakat setempat.

Bupati FDW memastikan, Pemerintah Daerah (Pemda) siap memberikan dukungan sepenuhnya demi menyukseskan program ini agar berhasil guna dan berdaya guna secara optimal. 

Kepada segenap jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel dan seluruh masyarakat, Bupati FDW meminta agar dapat bekerja sama, sama-sama bekerja, serta ikut berpartisiasi aktif dan mendukung pelaksanaan program TMMD tersebut.

"Mari kita tingkatkan sinergisitas dan komitmen pembangunan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat menuju Minsel semakin maju, berkepribadian dan sejahtera," pungkasnya.

Usai membawakan amanat, Bupati FDW melakukan penandatanganan berita acara, dan penyerahan alat kerja secara simbolis kepada perwakilan Satuan Tugas (Satgas) TMMD dari unsur TNI.

Bupati dan Wabup Minsel foto bareng Forkopimda dan Satgas TMMD. (Foto: Diskominfo Minsel)

Kemudian, Bupati FDW didampingi Wakil Bupati Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Minsel meninjau lokasi TMMD. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf. Ircham Effendy selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, SIK, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minsel Budi Hartono, SH, M.Hum, dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Amurang Ariyas Dedy, SH.

Hadir pula sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Minsel. Di antaranya, Kepala Dinas  Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Royke Ronald Durand, ST, MT didampingi Kabid Bina Marga Feliks Pasla, ST, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Roommy Rumagit, S.Sos, Kepala Dinas Perhubungan Vera Y. Lasut, AP, M.Si, dan Inspektur Daerah Hendra Pandeynuwu, SE.

Tampak pula Camat Motoling Barat, Hukum Tua Desa Tondey, dan unsur Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). (Simon)