Disdikbud Minsel Sukses Gelar Lomba Apresiasi GTK Inspiratif dan Berprestasi - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Disdikbud Minsel Sukses Gelar Lomba Apresiasi GTK Inspiratif dan Berprestasi

Memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Disdikbud Minsel menggelar lomba Apresiasi GTK Inspiratif dan Berprestasi. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sukses menggelar hajatan bertajuk "Finalis Apresiasi GTK Inspiratif dan Berprestasi Tingkat SD dan SMP Tahun 2022".

Perhelatan ini dilaksanakan di Hotel Sutanraja Amurang, mulai Selasa (22/11/2022) sore hingga Kamis (24/11/2022).

Kegiatan yang digelar dalam rangka puncak peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 ini, diikuti 40 finalis perwakilan dari 17 kecamatan se-Kabupaten Minsel.

Para finalis terdiri dari 10 kepala sekolah (kepsek) dan 10 guru jenjang SD serta 10 kepsek dan 10 guru jenjang SMP.

Hajatan bergengsi tersebut dibuka oleh Kepala Disdikbud Minsel Arthur Donald Tumipa, M.Ed yang diwakili oleh Sekretaris Drs. Joyke Ricky Tangkere, M.Pd.

Diawali dengan laporan oleh Kabid GTK Disdikbud Minsel, Jefri V. Umboh, M.Pd.

Dalam laporannya Umboh mengungkapkan, kegiatan ini bersumber dari APBD Kabupaten Minsel Tahun Anggaran 2022.

"Tujuan kegiatan ini yakni untuk menghasilkan kepsek dan guru yang inspiratif dan berprestasi di daerah ini," tutur Umboh.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, diharapkan akan lebih mendorong lagi para guru dan kepsek di Kabupaten Minsel untuk bergerak dan menggerakkan sembari mengukir prestasi. 

Sementara itu, Sekretaris Disdikbud Minsel Drs. Joyke Ricky Tangkere, M.Pd dalam sambutannya mengharapkan, kegiatan ini dapat memberi dampak langsung bagi peserta dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Minsel. 

Ia pun berharap, tim juri akan melakukan penilaian secara obyektif sehingga akan menghasikan kepsek dan guru yang benar-benar inspiratif dan berprestasi.

"Tidak hanya unggul di tingkat kabupaten, tapi juga mampu berkiprah hingga di tingkat provinsi dan nasional," pungkas Tangkere.

Diketahui, tim juri/tim penilai lomba GTK Inspiratif dan Berprestasi Tahun 2022 terdiri dari 5 personel dari unsur asesor, pengawas, dan fasilitator handal. 

Tim juri dipimpin oleh Drs. Donald Ruindungan, M.Pd, dibantu 5 anggota yakni Erni Tumanduk, S.Pd, MM, Drs. Sonnie Rontos, M.M, Joice Jacob, S.Pd, Hetty Pangkey, M.Pd, dan Hentje Saroinsong, S.Pd.

Usai pembukaan kegiatan, dilanjutkan dengan agenda presentasi dan wawancara pada keesokan paginya, Rabu (23/11/2022).

Lomba Apresiasi GTK Inspiratif dan Berprestasi Tahun 2022. (Foto: Sulut24/Simon)

"Masing-masing peserta diberi waktu 20 menit untuk tampil membawakan presentasi sembari menjawab pertanyaan tim juri terkait materi presentasi dan video pembelajaran yang telah dibuat oleh peserta lomba," ujar Kabid GTK Disdikbud Minsel, Jefri V. Umboh, M.Pd didampingi Kasie GTK Mathen Wonseke, S.Pd, M.Pd kepada wartawan.

"Komponen penilaian meliputi penguasaan substansi, literasi digitalisasi, dan penampilan," tambah Drs. Donald Ruindungan, M.Pd selaku ketua tim juri.

Terpantau, hajatan ini berlangsung sukses dengan tetap mengedepankan disiplin protokol kesehatan (prokes). (Simon)