Sukses Penanganan Kesehatan di Minsel, FDW Terima Penghargaan - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Sukses Penanganan Kesehatan di Minsel, FDW Terima Penghargaan


Sulut24.com, MINSEL - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar, SH (FDW) menghadiri Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut lewat Dinas Kesehatan, di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Sabtu (19/11/2022). 

Pelaksanaan puncak peringatan HKN ke-58 mengangkat tema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku". 

Bupati Minsel menerima Penghargaan Bidang Kesehatan untuk kategori Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Penghargaan di bidang kesehatan tersebut berupa Piagam Peringkat 1 Tingkat Nasional Lomba Inovasi Imunisasi Dasar Lengkap Tahun 2022.

Untuk diketahui, Puskesmas Ongkaw mengikuti Lomba Inovasi Puskesmas dalam rangka Semiloka Nasional ke-2 yang digagas oleh Asosiasi Puskesmas Indonesia (APKESMI). 

Dalam lomba tersebut, Kabupaten Minsel yang diwakili oleh Puskesmas Ongkaw berhasil memboyong Penghargaan Pengelolaan Program Malaria Terbaik dan Penghargaan Mempertahankan Status Eliminasi Malaria di Kabupaten Minsel.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Drs. Steven O. E. Kandouw pada momen puncak peringatan HKN ke-58 Tahun 2022.

Wagub Steven Kandouw dalam sambutannya mengharapkan, momentum HKN dapat dijadikan oleh segenap stakeholder kesehatan untuk melakukan introspeksi, kontemplasi dan evaluasi, terutama soal pencapaian outcome.

"Pak Gubernur sangat gencar dan komitmen terkait penanganan kesehatan di daerah ini. Anggaran yang kita alokasikan untuk kesehatan, mungkin termasuk salah satu the best provinsi, karena kita lebih dari 10 persen," tandasnya. 

Ia pun berharap semua yang hadir pada puncak peringatan HKN ke-58 ini betul-betul mampu bekerja dengan panggilan hati nurani.

"Karena ini berhubungan dengan nyawa, serta masa depan bangsa dan negara kita. Sekali kita lalai dan tidak mempunyai empati serta simpati, ini akan berbahaya," tuturnya mengingatkan.

Wagub Steven Kandouw meminta agar seluruh stakeholder kesehatan di Bumi Nyiur Melambai untuk mau, mampu, dan berani dalam menetapkan indikator-indikator kesehatan.

"Kita selaku stakeholder kesehatan, harus mau dan berani menetapkan dan mengukur indikator kesehatan kita. Ini demi peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat," pungkas mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Sulut dr. Fransicus Andi Silangen, SpB.KBD, jajaran Forkopimda Sulut, dan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut Steve Hartke Andries Kepel, ST, M.Si.

Hadir pula Wakil Bupati Kepulauan Sitaro Drs. John H. Palandung, M.Si, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkup Pemprov Sulut, sejumlah pimpinan rumah sakit di Sulut, dan stakeholder lainnya. (Simon)