Ketua Komisi III DPRD Sulut Berty Kapojos Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan NKRI - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Ketua Komisi III DPRD Sulut Berty Kapojos Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan NKRI

Ketua Komisi III DPRD Sulut Berty Kapojos S.Sos di Dampingi Anggota DPRD Minut Edwin Kambey S.IP saat memberikan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan NKRI (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas ancaman ketahanan nasional yang tangguh harus dibangun, karena itu dibutuhkan penanaman kesadaran bela negara sejak dini. 

Hal ini dikatakan Ketua Komisi III DPRD Sulut Berty Kapojos S.Sos saat menggelar sosialisasi Wawasan Kebangsaan Dalam Rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dilaksanakan di Desa Karegesan Kecamatan Kauditan Minahasa Utara, Sabtu (3/12/2022).

Mantan Ketua DPRD Minut ini menegaskan, semestinya sosialisasi tentang wawasan kebangsaan ini harus di lakukan sejak dulu, karena didalam wawasan kebangsaan tersebut sudah jelas mencantumkan soal Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila (P4).

"Saat ini generasi milenial kita sedang distorsi atau penurunan terhadap rasa cinta tanah air, ini sangat memprihatinkan. Karena itu pentingnya bela negara dalam bingkai NKRI ditanamkan  sejak dini,” ucapnya 

Ditegaskannya, generasi milenial saat ini jika diuji tentang Pancasila saja kurang memahami, apalagi memahami tentang butir-butir Pancasila, kemudian juga ada UUD 45  dan Bhineka tunggal ika yang juga harus dipahami oleh generasi bangsa.

"Dengan digelarnya sosialisasi tentang wawasan kebangsaan ini semoga menjadi pioner utama penyadaran dan menanamkan rasa cinta tanah air terhadap bangsa dan negaranya," harap figur yang digadang untuk maju dalam Pilkada 2024 nanti 

“Upaya menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air, sadar berbangsa dan bernegara setia kepada idiologi pancasila, rela berbangsa dan bernegara serta memiliki kemampuan dasar bela negara sedini mungkin dan dimulai dari dalam keluarga," paparnya.

Selain itu, DPRD Minut akan mengusulkan dan menekan Melalui Dinas Pendidikan yang ada di Sulawesi Utara mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas ( SLTA) agar pendidikan Pancasila atau tentang kewarganegaraan harus di hidupkan kembali karena ini merupakan salah satu pilar bahwa kecintaan rakyatnya terhadap negara harus dibangkitkan kembali.  

Suasana Sosialisasi Wawasan Kebangsaan NKRI (Foto: Ist)

"Supaya masyarakat kita memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara, maka sejak dini perlu ditanamkan wawasan kebangsaan dan bela negara dalam bingkai Negara Kasatuan Republik Indonesia," tegasnya. 

Sementara itu Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia turut didampingi salah satu anggota DPRD Minut Edwin Kambey. S.IP 

Politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan banyak terima kasih kepada Ketua Komisi III DPRD Sulut Berty Kapojos S.Sos yang sudah menjadikan Desa Karegesan tempat sosialisasi wawasan kebangsaan NKRI.

"Terima kasih pak ketua Komisi III, atas kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Apalagi menyangkut wawasan kebangsaan negara kesatuan republik Indonesia," tuturnya. (Joyke)