Masyarakat Apresiasi Dirut PDAM Minut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Masyarakat Apresiasi Dirut PDAM Minut

Sulut24.com, MINUT - Jelang setahun memimpin Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Minut, Roland Maringka dinilai berhasil memperbaiki perusahaan daerah yang dirundung banyak masalah tersebut. 

"Saat mengemban tugas sebagai dirut, status  PDAM berdasarkan evaluasi kinerja BPKP sudah masuk kategori sakit. Namun berbagai terobosan diciptakan Maringka dengan harapan, minimal mampu membuat PDAM Minut bangkit dan sehat kembali setara PDAM lain se-Provinsi Sulawesi Utara," ungkap Johan Awuy  Tokoh Masyarakat Minut, Rabu (18/1/2023).

Menurutnya Roland Maringka yang baru sebelas bulan menahkodai PDAM Minut sudah menorehkan berbagai prestasi yang patut dibanggakan yaitu antara lain :

1. Pelayanan PDAM kepada masyarakat semakin baik, tidak adalagi teriakan di medsos masyarakat tidak mendapatkan air, seperti saat di tahun tahun sebelumnya.

2. Gugatan masyarakat kepada PDAM terkait instalasi pengolahan air di Desa Batu (IPA Batu) Kecamatan Likupang, yang sebelumnya disaat pejabat pejabat lama kalah di Pengadilan Tingkat Pertama (Pengadilan Negeri Airmadidi), oleh Maringka melakukan upaya hukum banding ke Pengadilan Tinggi Manado dan membuahkan hasil membatalkan Putusan PN Airmadidi dsan PDAM MINUT memenagkan perkara tersebut.

3. Melakukan kerja sama (MOU) bersama Kejaksaan Negeri Minahasa Utara, terkait persoalan hukum dan bantuan hukum, dan ini untuk yang pertama kalinya terjadi di Kabupaten Minut, menggunakan Jaksa Pengacara Negara.

4. Setiap waktu berkoordinasi dengan instansi BPKP Perwakilan Sulawesi Utara terkait tata kelola PDAM.

5. Melakukan audit perusahaan lewat kantor akuntan publik, dimana, PDAM Minut yang terakhir di audit tahun 2019. Saat ini Maringka melakukan audit untuk Tahun 2020, 2021 dan Tahun 2022.

6.Mengubah sistem pasang baru dan keuangan PDAM Minut yang sebelumnya masuk ke  kas kantor, menjadi masuk ke rekening PDAM di Bank.

7.Sistem digitalisasi eksternal, laporan pengaduan dan informasi pasang baru lewat nomor nomor hotline. 

9.Sistem digitalisasi internal karyawan dalam melakukan aktivitas kinerja dan absensi menggunakan sistem Google form.

10. Jumlah sambungan rumah pelanggan yang awalnya sekitar 5000 ribu meningkat  menjadi sekitar 6000 ribu.

11. Terpilihnya direktur PDAM Minut Roland Maringka sebagai Ketua Persatuan Perusahaan Air Minum Daerah (PERPAMSI) Sulawesi Utara Periode 2023-2027.

Johan Awuy mengatakan bahwa terkait pemasalahan kewajiban perusahaan terhadap karyawan di periode lama tetap menjadi beban direktur saat ini. Namun Ia yakin bahwa Maringka dapat menyelesaikan berbagai masalah yang ada di PDAM Minut. "Satu kata dapat kami simpulkan, dirut cerdas dan sangat layak memimpin PDAM Minut," ucapnya. 

Pada kesempatan yang berbeda, dirut PDAM Minut Roland Maringka mengatakan bahwa pihaknya telah menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah terkait kewajiban perusahaan terhadap karyawan di periode sebelumnya. "Solusinya sudah ada," ucapnya. 

Dengan gayanya yang low profile, Maringka mengatakan bahwa semua masalah di PDAM Minut dsapat teratasi karena tuntunan Tuhan. "Semua karena tuntunan Tuhan," tandasnya. (Joyke)