Sukses dan Beri Kontribusi Untuk Desa, BumDes Pinilih Bakal Jadi Pilot Project di Minut - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Sukses dan Beri Kontribusi Untuk Desa, BumDes Pinilih Bakal Jadi Pilot Project di Minut

Sulut24.com, MINUT - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pa’Ududan desa Pinilih kecamatan Dimembe Minahasa Utara, menyerahkan hasil keuntungan kepada pemerintah desa Pinilih, dikantor desa, Kamis (19/01/23).

Hasil keuntungan BUMDes yang tercatat hingga akhir tahun 2022 sebesar Rp.25.028.567 diserahkan langsung oleh ketua BUMDes Herri Tuuk kepada Hukum Tua desa Pinilih Fredrik Longdong, yang disaksikan ketua BPD Michael Roringpandey serta perangkat desa.

Fredrik Longdong mengatakan, sangat bangga dan berterima kasih kepada pengurus BUMD desa Pinilih. 

“walapun baru setahun lebih, sudah bisa memberikan hasil,” kata Longdong. 

Longdong juga menambahkan, bahwa tahun ini akan mengsubsidi anggaran sebesar Rp.150 juta untuk pembuatan satu unit kandang. 

“Tahun ini kita anggarkan Rp.150 juta untuk pembuatan satu kandang,” ujar Fredrik.

Ditempat yang sama ketua BUMDes desa Pinilih, Herri Tuuk menyampaikan kedepan akan membuat satu unit kandang dengan isi 3000. 

“Semoga dalam waktu dekat kita sudah mulai siap-siap untuk menambahkan satu unit kandang dengan isi 3000,” ujar Tuuk.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Utara Didi Arnolus Walujan mengatakan BUMDes desa Pinilih nantinya akan menjadi menjadi proyek percontohan (pilot project) dari semua desa yang ada di Minahasa Utara. 

"BumDes ini sudah melaksanakan programnya dengan baik. Bahkan sudah memberikan kontribusi pendapatannya untuk pembangunan di desa. Hal seperti ini perlu diapresiasi," ungkap Walujan.

Walujan mengatakan BUMDes memiliki peranan yang sangat strategis dan dapat meningkatkan pendapatan asli desa.

"Dalam waktu dekat ini kami dari Dinas Sosial dan PMD akan turun melihat langsung BumDes Pinilih," tambahnya.

Ketua Kontak Tani, Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Minahasa Utara Arly Dondokambey memberi apresiasi atas upaya kerja keras dari BumDes Pinilih.

"Dengan potensi strategis yang dimiliki oleh BUMDes dalam mengelola dan mengembangkan potensi desa, saya berharap BUMDes Pinilih dapat membantu untuk pembangunan dan kemajuan desa Pinilih," harapnya. (Joyke)