Pemerintah Kecamatan Kauditan Gelar Musrembang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Pemerintah Kecamatan Kauditan Gelar Musrembang

Camat Kauditan Royke Rampengan ketika membawakan sambutan (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT – Pemerintah Kecamatan Kauditan pada Selasa (14/1/2023) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 di aula Kantor Kecamatan Kauditan. 

Kegiatan ini dihadiri langsung Anggota DPRD Minut Dapil IV (Kauditan-Kema) Edwien Kambey dan Paultje Sundah, unsur Forkompimcam, Hukum Tua se-Kecamatan Kauditan, Sekdes serta BPD dan para tokoh agama. 

Musrenbang tingkat kecamatan adalah suatu forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten/kota.

Dalam sambutannya Camat Kauditan Royke Rampengan menegaskan bahwa hasil dari pembahasan dan kesepakatan musrenbang kecamatan ini akan digunakan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD yang bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta memastikan usulan program prioritas kecamatan terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD. 

Dimana telah ditentukan dan disepakati pilihan program-program kegiatan prioritas yang mendesak untuk dijadikan bahan dalam penyusunan Rancangan Akhir RKPD.

Suasana kegiatan musrembang (Foto: Ist)

Ia menjelaskan bahwa tujuan penyelenggaraan musrenbang tingkat kecamatan ini antara lain membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa. Dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah.

""Dalam musrenbang ini masing-masing desa mengusulkan 3 program pembangunan infrastruktur," ucapnya.

Menurutnya usulan ini nantinya menjadi prioritas untuk diusulkan ke musrenbang tingkat kabupaten. Selain itu juga telah dibentuk tim dilegasi yang disepakati untuk mengawal hasil musrenbang tingkat kecamatan ke musrenbang tingkat kabupaten. (Joyke)