Tamuntuan Lantik Satu Pj dan Dua Kepala Desa Definitif - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Tamuntuan Lantik Satu Pj dan Dua Kepala Desa Definitif

Suasana pelantikan Pj dan kepala desa definitif (Foto: Ist)

Sulut24.com, SANGIHE - Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr. Rinny Tamuntuan melantik penjabat kapitalaung (Kades) dan dua kapitalaung definitif, di ruang serbaguna rumah jabatan bupati, Senin (20/03/2023).

Ketiga pimpinan desa yang dilantik tersebut adalah Masri Mangumpaus sebagai Penjabat Kapitalaung Desa Timbelang Kecamatan Tabukan Tengah, Yusak Makasaehe sebagai Kapitalaung Definitif Desa Talengen Kecamatan Tabukan Tengah dan Hugu Sasue Yosias Paraisue,M.Th   sebagai Kapitalaung Definitif Kampung Tawoali Kecamatan Manganitu.

dr. Rinny Tamuntuan dalam sambutannya menyampaikan bahwa para kapitalaung yang baru dilantik agar dapat memahami tugas pokok sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah untuk menjalankan roda pemerintahan, sosial kemasyarakatan dapat membangun komunikasi yang baik dengan para camat dalam menjalankan tugas pemerintahan.

"Untuk pengelolaan dana desa di tahun ini kemungkinan ada peningkatan dibandingkan dari tahun sebelumnya dan sesuai arahan pemerintah pusat yang selalu disampaikan ada beberapa hal penting untuk penggunaan dana desa. Ini tentunya menjadi perhatian di semua bidang masing-masing, baik dibidang kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan yang menjadi prioritas ialah Ketahanan pangan," ucapnya.

Ditambahkannya, pengelolaan dana desa yang ada kiranya dapat dimanfaatkan dan dipertanggungjawabkan dengan baik untuk kepentingan masyarakat kampung.

Untuk pergantian perangkat kampung, Pj. Bupati juga berpesan harus memperhatikan regulasinya agar tidak menyalahi aturan dalam pergantian perangkat kampung tetap mengikuti aturan yang telah ditentukan.

Suasana pelantikan Pj dan kepala desa definitif (Foto: Ist)

Pj. Bupati juga menekankan untuk para kapitalaung untuk dapat mengaktifkan kembali pos kamling,guna menjaga ketertiban dan keamanan di setiap kampung.

"Kiranya para kapitalaung dapat mengaktifkan kembali pos kamling,guna menciptakan ketertiban dan keamanan di kampung,apalagi jelang tahun politik 2024" tegas tamuntuan.

Turut hadir dalam acara pelantikan serta pengambilan sumpah satu Penjabat Kapitalaung dan dua Kapitalaung Definitif, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sangihe Frans Porawow, Kaban Kesbangpol Franky Nantingkaseh, Camat Tabukan Tengah, Yusak Karame, Camat Manganitu, Julian Pesik, Rohaniwan. (Vickh)