Terima Penghargaan UHC, Tamuntuan: Pemkab Sangihe Siap Dukung Target UHC 2024 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Terima Penghargaan UHC, Tamuntuan: Pemkab Sangihe Siap Dukung Target UHC 2024

Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian saat menyerahkan penghargaan Universal Healt Coverage (UHC) Award 2023 kepada Pj. Bupati Kubupaten Kepulauan Sangihe dr.Rinny Tamuntuan  (Foto: Ist)

Sulut24.com, SANGIHE - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian menyerahkan penghargaan Universal Healt Coverage (UHC) Award 2023 kepada Pj. Bupati Kubupaten Kepulauan Sangihe dr.Rinny Tamuntuan di balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K. H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya pada acara penyerahan penghargaan Universal Healt Coverage (UHC) Award 2023 mengatakan bahwa ada 4 poin penting yakni berkaitan dengan pelayanan kesehatan. 

Pertama, pemerintah daerah agar mengambil peran lebih dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS kesehatan, antara lain para penyandang disabilitas, warga lanjut usia dan warga terlantar.

Kedua, memastikan seluruh pemberi kerja diwayahnya untuk mendaftarkan pekerja dan anggota keluarga sebagai peserta tanpa terkecuali,serta mendorong para pekerja,penduduk secara finansial untuk mendaftarkan dirinya dan kelaurganya dalam program JKN.

Ketiga mendorong upaya peningkatan mutu layanan dengan menyediakan fasilitas kesehatan. Dan yang keempat, BPJ kesehatan agar terus meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh peserta program JKN harus betul-betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Dalam laporan Direktur Utama BPJS Prof.dr.Ali Ghufron Mukti mengucapkan terimakasih kepada Presiden dan Wakil Presiden beserta jajaran yang telah mendukung upaya tercapainya predikat UHC melalui berbagai kebijakan yang telah diterbitkan, salah satunya adalah melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022, baik kepada kementerian, lembaga maupun kepada pemerintah daerah.

"Dengan diterbitkannya Inpres tersebut kolaborasi dan dukungan terhadap penyelenggaraan program JKN terus mengalir, baik melalui terbitnya regulasi turunan dari Inpres tersebut maupun dengan semakin bertambahnya pemerintah daerah yang mencapai predikat UHC," ujarnya.

Sementara itu Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan mengucapkan terimakasih kepada BPJS kesehatan yang selama ini selalu hadir memberikan kemudahan dan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan perlindungan layanan kesehatan.

Pj. Bupati Kubupaten Kepulauan Sangihe dr.Rinny Tamuntuan usai menerima Universal Healt Coverage (UHC) Award 2023 (Foto: Ist)

"Dengan target UHC yakni 98% untuk seluruh Indonesia di 2024, maka pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe siap sedia mendukung dan bersinergi untuk pencapaian tersebut," kata Tamuntuan.

Diketahui, Selain Kabupaten Kepulauan Sangihe, terdapat juga 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara yang menerima penghargaan Universal Healt Coverage 2023. 

Secara nasional terdapat 22 Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang menerima penghargaan Universal Healt Coverage 2023. (Vickh)