Cynthia Erkles: Ramadhan dan Paskah Momen Untuk Saling Menghargai - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Cynthia Erkles: Ramadhan dan Paskah Momen Untuk Saling Menghargai

Ketua DPC Gerindra Minut Cynthia Imelda Erkles SAB (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA) Minahasa Utara Cynthia Imelda Erkles SAB mengajak masyarakat memanfaatkan momentum Ramadhan dan rangkaian Paskah untuk saling menghargai satu sama lain.

"Ketika bulan puasa ini bersamaan juga dengan masa Jumat Agung dan Paskah, ini merupakan waktu yang sangat baik untuk kita saling menghargai satu sama lainnya," ujar Cynthia Erkles yang saat ini juga sebagai Ketua Komisi Pelayanan Wanita Kaum Ibu (WKI) Jemaat GMIM Sentrum Tatelu Warukapas.

Cynthia Erkles yang juga Ketua Komisi I DPRD Minut ini menjelaskan seluruh anak bangsa perlu memahami bahwa negara ini ada dalam keberagaman.

Artinya, tutur Srikandi Minut ini , setiap umat beragama di Indonesia bisa merayakan apa yang diimaninya secara berbeda. Pada Ramadhan kali ini, umat Islam bersuka cita menjalankan ibadah puasa.

Di sisi lain, ada umat lainnya yang merayakannya secara kekristenan, yaitu masa Trihari Suci, yang terdiri atas Kamis Putih, Jumat Agung, dan Paskah.

"Sudah sejak semula ada perbedaan, tapi bagaimana mengupayakannya untuk selalu menjadi momentum yang menjaga, mengapresiasi, merawat, menghargai, melengkapi satu sama lainnya. Ini yang harus kita terus rawat bersama," kata Erkles

Ia menjelaskan bahwa rasa kebersamaan sesama anak bangsa dapat terwujud dengan selalu membuka ruang perjumpaan.

Misalnya, pada masa puasa ini, umat Kristen bisa saja bersama-sama ikut serta dalam menyemangati dan mendukung saudara-saudara yang berpuasa, juga termasuk mengikuti buka puasa bersama.

Demikian juga yang Muslim, misalnya, atau beragama lain, pada masa Paskah boleh saling menyelamati atau memberikan dukungan, juga menjaga keamanan dan ketertiban satu sama lain.

Hal ini dilakukan agar semua bisa merasakan adanya kebersamaan sebagai warga negara yang memiliki keagamaan atau keimanan yang berbeda.

"Selamat merayakan Paskah bagi umat Nasrani dan selamat menjalankan Ibadah Puasa bagi umat Muslim," tutup Erkles yang saat ini juga sebagai Sekretaris Wilayah GMIM Tatelu. (Joyke)