Diikuti 194 Orang, Polres Minsel Gelar Rikmin Awal Penerimaan Terpadu Anggota Polri 2023 - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Diikuti 194 Orang, Polres Minsel Gelar Rikmin Awal Penerimaan Terpadu Anggota Polri 2023

Peserta seleksi anggota Polri T.A 2023 sedang mengikuti apel di Mapolres Minsel. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Polres Minahasa Selatan (Minsel) memulai tahapan Penerimaan Terpadu Anggota Polri Tahun Anggaran (T.A) 2023.

Tahapan dimaksud yakni Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal yang digelar di aula Markas Komando (Mako) Polres Minsel, mulai sejak Rabu (26/04/2023) hingga kini.

Kegiatan rikmin awal ini diikuti 194 putra/putri dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Minsel, yang mendaftar jalur Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara, dan Tamtama.

Ke-194 orang tersebut, terdiri dari 178 pria dan 16 wanita. Sebagian besar di antaranya, yakni sebanyak 183 orang melamar Bintara, dan 7 orang pria melamar Tamtama Brimob.

Sementara yang mengincar kursi Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) hanya empat orang, terdiri dari tiga pria dan satu wanita. 

Untuk melakukan verifikasi berkas persyaratan para calon anggota Polri tersebut, Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) Polres Minsel dibantu dua instansi terkait dari jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel.

Dua instansi tersebut yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Minsel.

Serangkaian kegiatan Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2023 yang digelar di Mapolres Minsel. (Foto: Sulut24/Simon)

Selain itu, melibatkan pula unsur pengawas internal dan pengawas eksternal dari unsur Pers Minsel.

"Pengawasan ketat ini dilakukan untuk menjamin terlaksananya prinsip BETAH yakni Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis, dalam proses seleksi ini," jelas Kapolres Minsel melalui Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Polres Minsel Kompol Alfrets Tatuwo, S.Sos.

Usai menjalani rikmin, para peserta diberi kesempatan untuk istirahat santap siang. Kemudian  dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan tinggi dan berat badan, di Klinik Sanika Satyawada Polres Minsel. 

Serangkaian kegiatan tersebut turut dipantau Kapolres Minsel AKBP Feri Renaldo Sitorus, SH, MH, Wakapolres Kompol Muhammad Fadli, SIK, dan Kabag SDM Polres Minsel Kompol Alfrets Tatuwo, S.Sos. (Simon)