Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Polda Sulut Gelar Mudik Gratis - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Polda Sulut Gelar Mudik Gratis

Pelepasan rombongan Mudik Gratis oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, di halaman Mapolda Sulut. (Foto: Humas Polda Sulut)

Sulut24.com, MANADO – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Polda Sulawesi Utara (Sulut) bekerja sama dengan stakeholder terkait, menggelar Mudik Gratis bagi masyarakat luas. 

Dalam pelaksanaan mudik ini, Polda Sulut bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulut, Jasa Raharja Cabang Sulut, Bank Sulutgo, Dinas Perhubungan Provinsi Sulut, Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXII, dan pihak Damri. 

Armada bus yang disiapkan sebanyak 4 buah untuk menampung kurang lebih 138 penumpang.

Pelepasan Mudik Gratis ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, di halaman Mapolda Sulut, Rabu (19/4/2023) pagi.

“Harapan kami sesuai instruksi dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, bahwa kami bisa memfasilitasi masyarakat dan keluarganya yang akan mudik sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Mudik gratis bertemakan "Mudik Aman Berkesan" ini menjangkau daerah Boroko, Atinggola, Kwandang dan Gorontalo.

Jenderal bintang dua asal Surabaya, Jawa Timur ini berharap, masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran, dalam perjalanan semuanya lancar, aman dan selamat sampai tempat tujuan. 

"Untuk kelancaran, kita lakukan pengawalan sampai di perbatasan (Sulut-Gorontalo). Kemudian di beberapa perhentian juga disediakan tim kesehatan,” jelas mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut.

Irjen Pol Setyo Budiyanto menambahkan, sebelum melaksanakan mudik, seluruh penumpang dan sopir dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh personel Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Sulut.

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto dan Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Rachmad Iswan Sanusi foto bareng stakeholder terkait. (Foto: Humas Polda Sulut)

“Bahkan khusus untuk sopir, kita juga melakukan pemeriksaan bebas alkohol dan bebas narkoba. Ini demi menjamin keselamatan para penumpang,” tandas alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1989 yang berpengalaman dalam bidang reserse ini.

Mudik Gratis yang menjadi program kerja Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulut ini, disambut antusias dan mendapat apresiasi dari masyarakat.

Muhammad Adisusilo, salah satu pemudik mengaku merasa senang bisa menikmati fasilitas Mudik Gratis dari Polda Sulut. 

"Ini sangat membantu. Saya membawa anggota keluarga total lima orang dengan tujuan Gorontalo. Terima kasih kepada pak Kapolda, Wakapolda dan Dirlantas yang sudah membantu kami bisa mudik Lebaran,” tutur Muhammad Adisusilo. (Simon)