Tiga Calon Taruna Akpol Asal Minsel Digeser ke Polda Sulut, Rikkes Tahap I Dimulai 2 Mei - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Tiga Calon Taruna Akpol Asal Minsel Digeser ke Polda Sulut, Rikkes Tahap I Dimulai 2 Mei

Tiga Calon Taruna Akpol foto bersama Pabanrim Polres Minsel sebelum digeser ke Polda Sulut. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Setelah melalui pemeriksaan administrasi (rikmin) awal yang sangat ketat, Panitia Pembantu Penerimaan (Pabanrim) Terpadu Anggota Polri Tahun Anggaran (T.A) 2023 Polres Minsel akhirnya menetapkan tiga dari empat Calon Taruna/Taruni Akademi Kepolisian (Akpol) asal Minsel yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

Ketiganya kemudian digeser/diserahkan ke Panitia Daerah (Panda) Polda Sulawesi Utara (Sulut) untuk mengikuti serangkaian tahapan seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2023.

Sementara seorang calon Taruni Akpol asal Minsel dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi, terkait tinggi badan.

Pergeseran ketiga Calon Taruna Akpol kiriman Polres Minsel bersama ratusan Calon Taruna dan Taruni Akpol kiriman Polres lainnya, dilakukan serentak pada Minggu (30/05/2023) siang. 

Adapun tiga Calon Taruna Akpol kiriman Polres Minsel terdiri dari Wayne Rooney Pesik, Speldy Mikhael Paat Mokoagow, dan Hendrian Karmichael Paat.

Ketika diserahkan kepada pihak Panda Polda Sulut, ketiganya turut didampingi Pabanrim, personel Bagian SDM Polres Minsel dan pengawas eksternal.

Sementara itu, diperoleh informasi bahwa dari  jumlah total 15 Polres jajaran Polda Sulut, baru 6 Polres yang telah melakukan pergeseran secara keseluruhan, baik calon Taruna dan Taruni Akpol, calon Bintara maupun calon Tamtama Polri.

Sementara sisanya yakni sebanyak 9 Polres, hingga Minggu 30 April 2023, baru mengirim calon Taruna dan Taruni Akpol. Para calon Bintara dan Tamtama Polri yang belum tuntas rikmin awal di 9 Polres tersebut, akan digeser pada gelombang kedua, Rabu (03/05/2023).

Adapun data terakhir yang diperoleh dari Biro SDM Polda Sulut, tercatat sebanyak 2.446 orang yang akan mengikuti seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri T.A 2023 ini. 

Sebagian di antaranya, yakni sebanyak 135 peserta (111 pria, 24 wanita) mengincar jalur Akpol.

Sementara selebihnya membidik jalur Bintara, terdiri dari Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), Bintara Brigade Mobil (Brimob), Bintara Polisi Perairan (Polair), Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) tenaga kesehatan, Tamtama Brimob, dan Tamtama Polair.

Dari pantauan wartawan, setibanya di Mapolda Sulut, para calon anggota Polri T.A 2023 yang mendaftar lewat jalur Akpol, Bintara dan Tamtama ini diterima oleh AKP Duwi Galih Prasetiawan, SIK, MH, selaku anggota Sekretariat Panda Polda Sulut.

Tiga calon Taruna Akpol asal Minsel digeser ke Polda Sulut untuk mengikuti seleksi Penerimaan Terpadu Anggota Polri 2023. (Foto: Sulut24/Simon)

Pada kesempatan itu, AKP Duwi juga memimpin apel sembari memberikan arahan dan wejangan terkait tahapan selanjutnya, yakni pemeriksaan kesehatan (rikkes) tahap I yang digelar mulai Selasa (02/05/2023) hingga beberapa hari kedepan.

"Khusus jalur Akpol, rikkes tahap I dilaksanakan mulai Selasa 2 Mei 2023. Sementara rikkes tahap I bagi calon Bintara dan Tamtama, nanti akan diberitahukan kemudian oleh panitia lewat media sosial," ungkap AKP Duwi. 

Di akhir arahannya, mantan Kasat Lantas Polres Kepulauan Sangihe ini mengimbau, selama mengikuti tahapan seleksi, peserta dapat mematuhi aturan yang berlaku dan tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun. 

Pada kesempatan yang sama, Perwira Urusan Kesmapta Dokkes Polda Sulut, Iptu Yusak Panggua turut pula memberikan arahan dan wejangan bagi para peserta seleksi. (Simon)