30 Personel Samapta Polres Minsel Ikut Pelatihan VCD Fungsi Teknis Kepolisian - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

30 Personel Samapta Polres Minsel Ikut Pelatihan VCD Fungsi Teknis Kepolisian

Kabag SDM Kompol Alfrets L. Tatuwo, S.Sos foto bersama personel Samapta Polres Minsel. (Foto: Sulut24/Simon)

Sulut24.com, MINSEL - Sebanyak 30 personel Samapta dari Polres Minsel dan Polsek jajaran mengikuti kegiatan pelatihan Peningkatan Kemampuan Anggota Polri VCD Fungsi Teknis Kepolisian Bidang Samapta, di Aula Polres Minsel, Jumat (19/05/2023).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Polres Minsel, Kompol Alfrets L. Tatuwo, S.Sos, didampingi KBO Sat Samapta Iptu Corneles Kainama, mewakili Kasat Samapta Polres Minsel.

"Setiap personel Samapta harus mengetahui dan memahami dengan benar apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi Samapta. Dalam melaksanakan tugasnya di lapangan, juga harus sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan aturan hukum yang berlaku," tegas Kabag SDM Polres Minsel, Kompol Alfrets L. Tatuwo, S.Sos saat memberikan arahan.

Kompol Tatuwo menjelaskan, Samapta menjalankan fungsi kepolisian secara umum seperti penjagaan, pengawalan dan patroli. Fungsi utama Samapta yakni menyelenggarakan tugas pokok Polri, terutama tugas-tugas yang berkaitan dengan upaya preventif. 

"Upaya preventif yang dimaksud adalah segala usaha, kegiatan dan tindakan yang dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya ancaman maupun gangguan kamtibmas," terang Kompol Tatuwo.

Pelatihan Peningkatan Kemampuan Anggota Polri VCD Fungsi Teknis Kepolisian Bidang Samapta, di Aula Polres Minsel. (Foto: Sulut24/Simon)

Pada hari yang sama, Polres Minsel melalui Bagian SDM juga melaksanakan kegiatan Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Bidang Samapta meliputi patroli presisi dengan melaksanakan kegiatan patroli Parking, Walking, dan Talking (PWT).

Patroli PWT adalah kegiatan patroli sambil bertatap muka dan menggali informasi langsung dari masyarakat. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kasi Humas Polres Minsel AKP Donald Ngalimin, SE, Paur Dalpers Bagian SDM Polres Minsel Aipda Surman Lainsamputty, dan para Kanit Samapta Polsek jajaran. (Simon)