Kapolda Sulut Kunjungan Kerja ke Polres Boltim dan Polres Mitra - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Kapolda Sulut Kunjungan Kerja ke Polres Boltim dan Polres Mitra

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto melakukan kunjungan kerja ke Polres Bolaang Mongondow Timur. (Foto: Humas Polda Sulut)

Sulut24.com, MANADO – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto melakukan kunjungan kerja ke Polres Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rabu (10/05/2023).

Seperti pada kunjungan kerja di polres-polres jajaran lainnya, Kapolda Irjen Pol Setyo Budiyanto turut didampingi Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Henny Setyobudi serta beberapa Pejabat Utama (PJU) Polda Sulut dan Pengurus Bhayangkari.

Tiba di Mapolres Boltim, Kapolda Sulut menerima rangkaian penyambutan, baik secara kedinasan maupun adat istiadat setempat. 

Kedatangan Kapolda Sulut beserta rombongan disambut langsung oleh Kapolres Boltim AKBP Sugeng Setyo Budhi didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Boltim, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta para PJU Polres Boltim.

Sejumlah agenda pun dilakukan Kapolda dan Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut dalam kunjungan kerja ini. 

Diawali dengan memberikan bantuan sosial (bansos) kepada warga masyarakat. Kemudian memberikan arahan internal, pengecekan UMKM dan Pekarangan Pangan Lestari Bhayangkari, program Polisi Bakobong serta penanaman bibit cabai.

Dalam sesi doorstop, Kapolda Sulut mengatakan, ini merupakan kunjungannya yang kedua kali di Polres Boltim.

“Ini merupakan kunjungan saya yang kedua. Kunjungan pertama pada 29 Desember 2022, saat peresmian Kantor Polres Boltim,” ungkap Irjen Pol Setyo Budiyanto kepada sejumlah awak media.

Karena saat itu tidak bisa berinteraksi dan memberikan arahan kepada seluruh anggota, maka pada kunjungan kali ini Kapolda Sulut dijadwalkan untuk memberikan arahan.

Kemudian mengecek pelaksanaan tugas dan kinerja, melihat ruangan-ruangan kerja serta menerima laporan dari Kapolres Boltim tentang pelaksanaan tugas-tugas, khususnya terkait pelaksanaan Operasi Ketupat Samrat 2023.  

"Termasuk mengecek kegiatan rutin dan kegiatan-kegiatan sesuai kalender kamtibmas yang ada,” jelas mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) ini.

Sesuai hasil pengecekan, lanjutnya, semuanya berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang sudah diprogramkan, baik dari Mabes Polri maupun Polda Sulut.

Menurut mantan Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut, ia juga bisa berinteraksi, memberikan arahan dan tanya jawab kepada anggota.

"Satu hal yang menjadi masukan buat saya yakni kebutuhan dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 terutama kegiatan kampanye. Mereka membutuhkan satu unit truck. Tentu ini menjadi atensi bagi kami untuk bisa memenuhi kebutuhan, supaya pelaksanaan tugas bisa berjalan dengan baik,” tutur Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut juga melakukan beberapa kegiatan. 

Antara lain, memberikan arahan kepada pengurus dan segenap anggota Bhayangkari Cabang Boltim, mengecek kegiatan UMKM dan Pekarangan Pangan Lestari.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989 ini menegaskan, kegiatan UMKM sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi sebagai salah satu upaya dalam rangka mendukung kesejahteraan anggota dan peningkatan ekonomi.

"Pekarangan Pangan Lestari ini merupakan tanaman yang dikelola oleh Bhayangkari untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ini juga salah satu yang bisa menekan tingginya angka inflasi yang terjadi di wilayah kita ini,” ujar jenderal bintang dua yang berpengalaman dalam bidang reserse ini. 

Dua hari sebelumnya, Senin (08/05/2023), Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto didampingi sejumlah PJU Polda dan Bhayangkari Daerah melaksanakan pula kunjungan kerja ke Polres Minahasa Tenggara (Mitra).

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto saat kunjungan kerja ke Polres Minahasa Tenggara. (Foto: Humas Polda Sulut)

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Irjen Pol Setyo Budiyanto mengadakan beberapa kegiatan, antara lain peresmian Kantor SPKT Polres, pemberian bansos kepada masyarakat dan memberikan arahan kepada seluruh personel Polres Mitra.

Terkait peresmian SPKT, Irjen Pol Setyo Budiyanto berharap pelayanan Polres Mitra kepada masyarakat harus lebih baik lagi.

“SPKT bukan hanya memberikan pelayanan pengaduan masyarakat, juga nantinya bisa melayani pembuatan SKCK. Karena itu harus disiapkan ruang laktasi, ruang bermain anak, sesuai dengan instruksi dari Kementerian PANRB,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sulut juga memberikan arahan kepada personel Polres Mitra terkait pelaksanaan tugas.

Orang nomor satu di jajaran Polda Sulut ini menginstruksikan kepada anggota terkait pengamanan berbagai iven di tengah masyarakat, termasuk pengamanan pesta demokrasi Pemilu 2024. 

"Antisipasi konflik sosial, pererat terus sinergitas TNI bersama Polri dan Pemerintah Daerah, dan dukung program-program pembangunan yang sudah dibuat oleh Bupati Mitra,” pesannya.

Irjen Pol Setyo Budiyanto juga berharap semua personel mampu bekerja sesuai mottonya yaitu Semangat untuk Melayani dan Bertindak untuk Melindungi.

“Dukung semua program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah sehingga masyarakat bisa merasakan keberadaan polres atau keberadaan polisi yang ada di wilayah Kabupaten Mitra,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto. (Simon)