Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemdes Kolongan Manfaatkan Dana Desa Bangun Jalan Perkebunan Padang - <!--Can't find substitution for tag [blog.Sulut24]-->

Widget HTML Atas

Tingkatkan Perekonomian Warga, Pemdes Kolongan Manfaatkan Dana Desa Bangun Jalan Perkebunan Padang

Pembangunan Rabat Beton Perkebunan Padang Desa Kolongan Kecamatan Talawaan (Foto: Ist)

Sulut24.com, MINUT - Pembangunan jalan rabat beton yang bersumber dari dana desa (DD) tahap I tahun 2023 desa Kolongan Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara sudah direalisasikan. 

Adapun jalan rabat beton yang akan di bangun tersebut terletak di diperkebunan Padang dengan panjang jalan 215 meter dan lebar 4 meter dengan pagu anggaran sebesar Rp 213 juta.

Guna mengedepankan keterbukaan publik, pemerintah desa Kolongan telah memasang papan informasi kegiatan di lokasi tersebut.

Hukum Tua desa Kolongan Adry Moningka mengatakan  dengan di bangun nya jalan rabat beton ini masyarakat ikut merawat agar masyarakat mempunyai rasa memiliki karena itu salah satu aset desa , kedua supaya masyarakat nyaman ,jalan tidak rusak lagi dan perputaran ekonomi dapat berjalan baik.

”Dengan adanya pembangunan rabat beton ini bisa dapat membantu masyarakat dalam kegiatan perekonomian, membuat masyarakat nyaman jalan tidak rusak lagi, kemudian jalan ini harus kita rawat bersama dan masyarakat ada rasa memiliki karena itu salah satu aset desa yang harus dijaga,” ujar Moningka Selasa, (9/5/2023).

Moningka menjelaskan program pembangunan rabat beton jalan sentra ekonomi yang disepakati melalui musyawarah desa dan kemudian dituangkan dalam APBDes 2023.Menurutnya jalan ini sangat penting guna memudahkan masyarakat mengeluarkan hasil pertanian dan perkebunan.

“Untuk pengerjaan pembangunan infrastruktur tentu melibatkan masyarakat. Sebab sejatinya DD untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Pembangunan Rabat Beton Perkebunan Padang Desa Kolongan Kecamatan Talawaan (Foto: Ist)

Ia mengatakan untuk pengelolaan DD dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2023 dilaksanakan secara transparan dan akuntabel sebagai bentuk keterbukaan informasi. Ini penting agar masyarakat tahu pemanfaatan bantuan DD.

Sementara itu warga desa Kolongan Kecamatan Talawaan mengaku bersyukur adanya program pembangunan rabat beton jalan kebun sentra ekonomi.

“Terimakasih kepada pemerintah desa yang telah membangun akses jalan kebun. Karena yang pasti kami sengai masyarakat sangat terbantu dan memudahkan mengeluarkan hasil Perkebunan dan Pertanian,” ujar warga. (Joyke)